Anggaran Pilkada Baubau Dipangkas – Berita Kota Kendari
Suksesi

Anggaran Pilkada Baubau Dipangkas

Ilustrasi

BAUBAU, BKK – Anggaran pelaksanaan Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Baubau yang diusulkan penyelenggara, dikurangi pemerintah  setempat dengan sejumlah pertimbangan. Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Baubau, Dian Anggraini ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/6).

Kata Dian, KPU Baubau awalnya mengusulkan anggaran sebesar Rp 30,7 milyar, dipangkas menjadi Rp 25, 8 milyar. Pengurangan itu disampaikan Pemkot Baubau dalam pembahasan bersama KPU dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), setelah adanya proses rasionalisasi anggaran oleh pemerintah.

“Dari pengurangan itu ada beberapa item kegiatan yang dihilangkan,” kata Dian.

KPU awalnya berharap kegiatan yang sudah direncanakan dapat dilaksanakan seluruhnya, sesuai dengan usulan awal. Namun karena ada berbagai pertimbangan dari pemerintah Kota Baubau, sehingga KPU tetap mengikut.

“Meskipun angka itu sudah dinilai menjadi titik temu, tidak menutup kemungkinan akan ada perhitungan ulang,” terangnya.

Beberapa anggaran kegiatan yang dihilangkan diantaranya, pembiayaan untuk KPPS, KPU yang awalnya menyiapkan dua paket, menjadi satu paket saja. Kemudian terkait estimasi yang dihitung KPU, setelah keluar regulasi menjadi berkurang. Contoh, hal yang sudah ditentukan dalam e-katalog berbeda dengan yang dianggarkan KPU, sehingga KPU tetap mengikuti aturan dari e-katalog.

“Yang dibahas kemarin hanya untuk menentukan berapa total pembiayaan secara keseluruhan. Dari total itu nanti KPU akan menyusun ulang lagi anggaran sesuai dengan nilai yang telah disepakati,” papar Dian yang sudah menjabat sebagai anggota KPU selama tiga periode ini. (CR7/nur)

To Top