11 Figur Ambil Formulir di NasDem – Berita Kota Kendari
Suksesi

11 Figur Ambil Formulir di NasDem

Hartawan Abidin. (foto: Rudy/BKK)

KENDARI, BKK – Sejak dibukanya penjaringan bakal calon (balon) gubernur dan wakil gubernur, Senin (5/6) lalu, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sultra sedikitnya telah menerima 11 figur yang mengambil formulir pendaftaran.

Kesebelas figur itu terdiri dari sembilan balon gubernur yakni Lukman Abunawas, La Ode Masihu Kamaluddin, Rusda Mahmud, Abdul Rahman Farisi (ARF), Ir Hugua, Ir Ridwan, Ali Mazi, Jaffray Bittikaka dan Rusman Emba. Sementara dua figur lainnya mengambil formulir balon wakil gubernur yaitu LM Sjafei Kahar dan Joni Syamsuddin.

Anggota tim Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW Nasdem Sultra Hartawan Abidin menegaskan, dari semua figur yang telah mendaftarkan diri melalui partai besutan Suya Paloh itu, memiliki peluang yang sama baik kader maupun non kader untuk diusung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub)  Sultra 2018 mendatang.

“Kita sama sekali tidak membeda-bedakan, baik itu kader maupun non kader mempunyai peluang yang sama karena penentu siapa nantinya yang bakal diusung itu adalah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem. Hanya saja semua itu tergantung elektabilitas masing-masing balon,” tegasnya, Kamis (8/6).

Sehingga, ia mengharapkan kepada seluruh balon yang telah mengambil formulir pendaftaran untuk terus memperkuat elektabilitasnya agar nantinya bisa diusung saat pilkada.

NasDem sendiri, lanjutnya, pada Juli sampai Oktober mendatang akan melakukan survei terhadap semua balon yang sudah mendaftarkan diri.

“NasDem sudah menyiapkan enam lembaga survey untuk mengukur elektabilitas masing-masing balon yakni Indikator, Charta Politica, MRC, Pusdeham, Indo Riset Konsultan dan Indo Barometer. Keenam lembaga survey itu yang nantinya akan jadi penentu (dukungan NasDem),” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Bappilu DPW NasDem Sultra, Amir Faisal menjelaskan, jadwal pengambilan formulir balon gubernur dan wakil gubernur di  Partai NasDem berakhir 13 Juni . Sementara untuk pengembaliannya dilakukan pada 14 sampai 17 Juni mendatang

“Selanjutnya partai melakukan verifikasi semua berkas balon yang sudah mendaftarkan diri sesuai dengan mekanisme partai. Selain itu juga dalam melakukan penjaringan NasDem sama sekali tidak mengenal istilah mahar dari pendaftaran sampai pemenangannya nanti,” pungkasnya. (m2/nur)

To Top