PSU Bombana: Bertahan Ungguli Berkah – Berita Kota Kendari
Headline

PSU Bombana: Bertahan Ungguli Berkah

Suasana perhitungan suara di TPS 1 Lemo kecamatan Poleang tenggara dalam rangka PSU, kemarin. Foto: Ahmad Ridha/BKK

RUMBIA, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bombana akhirnya menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di enam tempat pemungutan suara (TPS) dari tujuh TPS sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Enam TPS yang berhasil menggelar PSU, yakni TPS 1 Hukaeya, TPS 2 Lantari, TPS 2 Tahiite, TPS 1 Larete (Marampuka), TPS 2 Marampuka, dan TPS 1 Lemo. Sedangkan satu TPS yang gagal menggelar PSU yakni TPS 1 Lamoare.

Data yang dihimpun Berita Kota Kendari (BKK) dari enam TPS yang menjalankan PSU, pasangan Tafdil-Johan Salim (Bertahan) unggul 187 suara dari rivalnya yakni Kasra J Munara-Man Arfah (Berkah).

Calon bupati petahana yang mengusung tagline Bertahan ini memperoleh suara di enam TPS tersebut sebanyak 980 suara, sementara pasangan Berkah hanya mampu meraih 793 suara, dari total suara sah 1773.

Jumlah perolehan suara ini diambil dari hasil perhitingan suara ditingkat KPPS yang tersebar dienam TPS yang melakukan PSU yang tersebar diempat kecamatan ni.

Devisi teknik penyelenggaraan Pemilu KPU Bombana, Ashar yang dikonfirmasi soal pelaksanaan PSU ini menjelaskan, hasil perolehan suara kedua calon ditingkat TPS ini akan segera diplenokan.

Untuk tingkat PPK, hasil perolehan suara dienam TPS ini akan diplenokan, Kamis (8/6) besok (hari ini), sementara untuk pleno ditingkat KPU setempat akan dilaksanakan, Jum’at (9/6) besok.

“Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, besok (hari ini) PPK diempat kecamatan yang menyelenggarakan PSU sudah menggelar rapat pleno. Besoknya, KPU juga sudah langsung menggelar rapat pleno,” katanya.

Sementara informasi tidak digelarnya PSU di TPS 1 Lamoare diduga akibat terjadinya mis komunikasi antara penyelenggaran di tingkat bawah dengan PPK.

Pj Bupati Bombana Siti Saleha didampingi Kapolres Bombana, AKBP Bestari Harahap sempat melakukan di TPS ini sekitar pukul 12.30 Wita. Dia kaget melihat panitia pemungutan suara (PPS) setempat belum melaksanakan PSU. Padahal batas waktu pemilihan hingga pukul 13.00 Wita.
“Ini kok bisa seperti ini? Ketua PPS mana? kok formulir C6 banyak yang belum beredar,” kata Siti Saleha.
Kepala Desa Lamoare, Sulastion menjelaskan permasalahan tersebut disebabkan terjadinya miss komunikasi dengan panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Desa Lamoare terkendala jaringan komunikasi, sinyal telepon seluler sama sekali susah terhubung sehingga logistik pilkada termasuk C6 sekitar 200 an belum disalurkan dari 341 wajib pilih. Masyarakat pun protes karena merasa dirugikan tidak bisa menyalurkan hak pilihnya.

“Kita diskusikan dengan penyelenggara bagaimana langkah kedepannya, apakah bisa diulang atau tidak,” jelas Sulastion.

Menanggapi hal ini, salah seorang komisioner KPU Bombana, Ashar mengatakan, untuk TPS 1 Lamoare yang belum melaksanakan PSU, pihak KPU Bombana sudah melaporkan masalah tersebut di KPU Provinsi.

Kendati begitu pihaknya belum memastikan kapan waktu pelaksanaannya. Sedianya, tambah Ashar proses pelaksanaan PSU di satu TPS ini sudah dilakukan bersamaan dengan enam TPS lainnya.

Namun karena pihak KPPS tidak berani melaksanakan dengan alasan tidak adanya saksi pasangan calon nomor urut 1, sehingga proses pelaksanaannya masih menunggu keputusan pihak terkait.

“Masalah penundaan PSU di TPS Lamoare ini masih kita konsultasikan di KPU Provinsi dan konsekwensi atas penundaan ini adalah akan dilakukan PSU lanjutan, dan PSU susulan,” terang Ashar.

Jika membandingkan pelaksanaan Pilkada pada 15 Februari lalu, hampir semua TPS yang menggelar PSU terjadi pengurangan partisipasi pemilih.

Untuk secara keseluruhan di enam TPS yang menggelar PSU, jumlah warga yang memilih 1.372 orang, sementara pada pilkada 15 Februari lalu mencapai 2.063 orang.(r2/lex)

Hasil Perolehan Suara Calon Bupati dan Wakil Bupati Bombana pada PSU di Tujuh TPS:

– TPS 1 Marampuka (Larete)
1. Berkah 182
2. Bertahan 183

– TPS 2 Marampuka
1. Berkah 122
2. Bertahan 160

– TPS 1 Lemo (Larete)
1. Berkah 151
2. Bertahan 237

– TPS 1 Tahiite
1. Berkah 73
2. Bertahan 83

– TPS 1 Hukaeya
1. Berkah 129
2. Bertahan 157

– TPS 2 Lantari
1. Berkah 136
2. Bertahan 160

– TPS 1 Lamoare (belum dilakukan
PSU)

To Top