Pekan Ini, Berkas Dua Tersangka Kasus KPID Dilimpahkan – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Pekan Ini, Berkas Dua Tersangka Kasus KPID Dilimpahkan

KENDARI, BKK – Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari berencana melimpahkan berkas dua tersangka kasus pemotongan anggaran kegiatan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sultra tahun 2015 pada pekan ini.

Berkas dua tersangka yang dimaksud yakni milik tersangka Zahra Nurdin dan Suarti yang pada saat itu berprofesi sebagai Sekretaris KPID dan Bendahara KPID.

“Berkasnya sementara kita rampungkan untuk dilimpahkan ke jaksa penuntut umum (JPU),” terang Kepala Seksi Intel (Kasintel) Kejari Kendari Febriyan, Rabu (7/6).

Ia menjelaskan, kasus ini baru naik tahap I, jadi soal proses penuntutan masih akan menunggu petunjuk lanjutan dari JPU terkait kelengkapan berkas perkara.

“Kita tunggu respon saja dulu, kalau sudah cocok kita lanjut lagi ke tahap berikutnya,” jelas Febriyan.
Dari kasus ini sendiri, lanjut dia, pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi seperti Komisioner KPID periode 2012-2015, Hasan Made Ali dan Kalis, kemudian Koordinator Bidang Kelembagaan KPID Periode 2016-2019, La Ali serta Bendahara Penerima Barang Hj Nurhana.

“Dari pemeriksaan para saksi ini serta berdasarkan alat bukti yang ada, kita tetapkan mantan Sekretaris KPID Zahra Nurdin dan mantan Bendahara KPID Suarti sebagai tersangka,” bebernya.

Keduanya dinilai paling bertanggung jawab atas kasus ini sehingga merugikan keungan negara hingga Rp 100 juta sesuai hasil audit BPKP Sultra. (cr5/iis)

To Top