ICM Kendari Gelar MHQ – Berita Kota Kendari
Nuansa Ramadhan

ICM Kendari Gelar MHQ

Salah seorang peserta MHQ saat unjuk kekuatan dalam menghafal alquran di hadapan dewan juri.

Para dewan juri yang memberikan penilaian terhadap penampilan hafalan peserta dipimpin ustad Dhamaruddin LC.

KENDARI, BKK – Islamic Center Mu’adz Bin Jabal (ICM) Kendari menggelar kegiatan Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) atau Lomba Menghafal Alquran. Kegiatan berlangsung di halaman kampus ICM di Jl Prof H Abdurrauf Tarima Kambu Kota Kendari mulai, Rabu (7/6) hingga Sabtu (10/6).

Ketua Panitia Pelaksana, Ustad Samsu Ilal menjelaskan, kegiatan diikuti 100 perserta setelah sebelumnya melalui audisi. “Jadi yang ikut MHQ ini sudah tahapan final, karena sebelumnya ada tahapan audisi. Ada sekitar 220  pada hafidz cilik yang mengikuti audisi,” kata Samsu ditemui di Sekretariat ICM Kendari, Rabu (7/6).

Menurut Samsu, panitia melakukan audisi agar peserta yang tampil benar-benar sudah terukur kemampuannya dan siap mengikuti lomba. “Biasanya jika tidak melalui audisi ada peserta yang grogi saat tampil di panggung, sementara kami siarkan di TV, radio, dan youtube,” kata Samsu.

Para peserta berasal dari seluruh wilayah Sultra, mengikuti lomba hafalan dalam empat kategori. Kategori  pertama, yakni 1/2 juz 30 bagi anak usia TK sampai kelas 2 SD, kategori kedua hafalan 1 juz 30 diikuti siswa kelas 3 hingga 4 SD.

Selanjutnya kategori ketiga hafalan 2 juz yakni juz 29 dan 30 diikuti siswa SD kelas 5 dan 6, serta kategori keempat  hafalan 3 juz yang diikuti mulai dari siswa SD hingga maksimal usia SMP.

Menurut Samsu, para peserta bukan saja diperuntukan bagi siswa yang berasal dari sekolah formal, namun dari bagi yang tidak bersekolah pun dibolehkan ikut asal usianya setara mulai dari TK, SD, hingga SMP.

Pantauan jurnalis BKK, Rabu (7/6), para peserta memperlihatkan kebolehannya dalam menghafal alquran untuk kategori hafalan stengah juz 30 dihadapan para dewan juri para ustad dari kampus Prokid ICM dipimpin Ustad Dhamaruddin LC.

Dewan juri memberikan soal dengan membaca permulaan dari surat atau ayat, lalu peserta melanjutkan dari lantunan ayat atau surat Alquran yang dibacakan dewan juri.

Ada sejumlah peserta tampil dengan baik dan lancar, tapi ada juga peserta kelihatan gugup sehingga salah dalam melanjutkan bacaan ayat atau surat Alquran dari dewan juri.

Sebagai penyemangat kepada peserta, panitia menyediakan hadiah bentuk uang dan barang kepada peserta. Hadiahnya  dari ICM dan juga donator yang biasanya memberikan saat menyaksikan para peserta berlomba.

Ustad Samsu menjelaskan, kegiatan MHQ merupakan agenda rutin tahunan ICM dan saat ini telah digelar untuk yang keempat kalinya.

Dikatakan, kegiatan MHQ bertujuan agar bulan Ramadan sebagai bulan Syahrul Quran, dapat memberikan motivasi kepada anak-anak untuk memiliki rasa cinta terhadap Alquran.

“Diharapkan melalui kegiatan nanti bisa mewujudkan generasi qurani, sehingga nantinya memahami dan menetapkan dalam kehidupannya sehari-hari,” ujarnya.

Selain kegiatan MHQ tingkat TK, SD, dan SMP, ICM juga akan menggelar MHQ untuk siswa SMA/MA yang akan digelar pada 11 – Juni mendatang. (lex)

To Top