Hari Ini, Oknum Polisi Tersangka Illegal Logging Dipanggil ke Pengadilan – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Hari Ini, Oknum Polisi Tersangka Illegal Logging Dipanggil ke Pengadilan

KENDARI, BKK – Oknum polisi yang telah menjadi tersangka dalam kasus dugaan illegal logging di Konawe Utara (Konut), Brigadir Yusman Kiding alias Yus dipanggil untuk bersaksi ke Pengadilan Negeri (PN) Konawe.

Oknum polisi yang bertugas di Kepolisian Sektor (Polsek) Wiwirano Konut ini akan menjadi saksi untuk terdakwa Sainuddin dan Yunding.

Yus dipastikan akan diantar ke PN Konawe dengan pengawalan ketat beberapa anggota Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Besok (hari ini), Yus akan bersaksi di PN Konawe. Beberapa anggota telah ditunjuk untuk mengawal dan mengantar ke PN Konawe hingga kembali lagi ke ruang tahan,” ujar Kepala Subbidang Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) Bidhumas Polda Sultra Komisaris Polisi (Kompol) Dolfi Kumaseh, Rabu (7/6).

Perwira polisi dengan satu melati di pundak ini menuturkan, Yus ditahan penyidik usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka pada 3 Mei 2017. Yus ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Sultra.

Dolfi menambahkan, untuk berkas perkara tahap satunya sedang diteliti jaksa. Penyidik masih menunggu kesimpulan penelitian jaksa apakah dinyatakan lengkap atau P-21 ataukah kembalikan disertai petunjuk atau P-19.

“Kalau sudah dinyatakan P-21, penyidik tinggal mengirim barang bukti berikut tersangka (tahap dua),” sambungnya.

Diketahui, dalam kasus ini polisi telah menetapkan tiga tersangka.

Selain Yus, dua tersangka lainnya yakni pemilik kayu Sainuddin dan nakhoda kapal Yunding. Sainuddin dan Yunding telah duduk sebagai terdakwa di PN Konawe.

Dalam kasus ini, Yus diketahui berperan sebagai perantara Sainuddin dengan pemilik penampungan kayu Ali Mustakim. Kini, Ali Mustakim masih menjadi buronan polisi. (man/iis)

To Top