Basarnas Kendari Siaga Hadapi Arus Mudik Idulfitri – Berita Kota Kendari
Beranda

Basarnas Kendari Siaga Hadapi Arus Mudik Idulfitri

Muslimin. (FOTO:KASMAN/BKK)

KENDARI, BKK – Kantor Badan Search And Rescue (Basarnas) Kendari telah menyiapkan segala sarana dan menyiagakan 77 personelnya, dalam menghadapi arus mudik dan balik pada lebaran Idulfitri 2017.

“Kami telah melakukan pengecekan kesiapan seluruh peralatan SAR berikut personel SAR,” ujar Kepala Basarnas Kendari Muslimin saat ditemui di kantornya, Rabu (7/6).

Dia merinci, khusus untuk personel rescue ada 60 orang serta 17 orang anak buah kapal (ABK). Muslimin berharap, seluruh personel melaksanakan siaga dengan baik dengan penuh dedikasi.

“Tentunya juga memperhatikan keselamatan dalam bertugas, serta tetap memelihara kemampuan SAR secara personel maupun tim, guna menunjang kesiapsiagaan untuk pelaksanaan tindak awal maupun operasi SAR,” imbuhnya.

Muslimin membeberkan, selain petugas yang bersiaga pada masing-masing pos, akan ditempatkan petugas rescue yang bertugas secara menyusuri beberapa titik rawan kecelakaan dan rawan bencana alam.

“Tujuan dari persiapan petugas di masing-masing pos dan yang mobile itu, untuk mempercepat evakuasi dan respon tim lebih cepat. Petugas mulai menempati pos pada H-7 dan H+7,” katanya.

Muslimin mengimbau, bila dalam keadaan darurat, masyarakat yang membutuhkan pertolongan SAR, bisa langsung menghubungi sambungan telepon 115.

“Masing-masing pos juga akan disiapkan kendaraaan rescue kopartement (kendaraan yang membawa berbagai peralatan khusus) bila terjadi kecelakaan,” tandasnya.

Lebih lanjut Muslimin mengatakan, untuk penentuan pos yang akan ditempati nanti, akan diketahui setelah melakukan rapat koordinasi dengan instansi tekait di Markas Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 12 Juni 2017. (man/iis)

To Top