Lingkar Sultra

Warga Diminta Waspada Penyakit Penghujan

BURANGA, BKK- Musim penghujan dan banjir membuat masyarakat di Buton Utara rentan dengan penyakit, misalnya saja penyakit diare. Untuk mencegah terserang penyakit diare itu, Dinas Kesehatan Butur menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan.

Pada saat banjir, sumber-sumber air minum masyarakat seperti sumur dangkal akan ikut tercemar. Sumber air yang sudah terkontaminasi inilah yang biasanya menyebabkan diare. Di samping itu, kebiasaan buruk seperti tidak mencuci tangan dengan sabun akan membuat kuman mudah masuk ke dalam tubuh.

“Tapi kita sudah antisipasi, kita sampaikan kepada kepala puskesmas dan seluruh stafnya, melakukan kaporisasi di sumur- sumur warga. Ini berfungsi membunuh kuman atau bakteri di dalam air,” kata Kepala Dinas Kesehatan Butur, Kasrul saat ditemui di Ereke, kemarin.

Selain itu, warga juga rentan dengan beberapa penyakit lainnya, seperti influenza, demam berdarah serta alergi dan asma. Oleh karena itu, pihaknya rutin melakukan penyuluhan dan pengawasan di lapangan melalui Puskesmas, agar warga diberikan arahan atau pengetahuan untuk hidup sehat dalam musim hujan.

Meskipun saat ini wilayah Butur dilanda hujan serta sebagian sudah banjir, namun belum ada yang ditemukan warga yang terkena penyakit akibat kondisi ini.

“Untuk saat ini belum ada yang dilaporkan terkena penyakit- penyakit itu, tetapi kita tetap waspada,” akunya. (cr10/aha)

To Top