Nuansa Ramadhan

Ramadan, ASITA Sultra Berbagi dengan Korban Banjir di Kendari

Ketua DPD ASITA Sultra Rahman Rahim (ujung kanan) Rombongan ASITA Sultra saat memberikan bantuan sembako di kelurahan Sodoha (Foto Sumardin/BKK)

KENDARI, BKK- Bertepatan dengan Ramadan, Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Sulawesi Tenggara (Sultra) berbagi dengan warga Kota Kendari yang menjadi korban banjir baru-baru ini. Bantuan diberikan, Senin (5/6), berupa logistik kebutuhan pokok ke sejumlah titik seperti Kecamatan Mandonga, Kelurahan Sodoha, dan Kelurahan Tipulu.

“Semoga bantuan yang diberikan ini dapat mengurang beban korban banjir apalagi sekarang dalam kondisi menghadapi ramadhan,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asita Sultra, Rahman Rahim yang ditemui saat memberikan bantuan kepada korban banjir.

Ia sendiri mengaku prihatin melihat kondisi warga yang terkena dampak banjir. Dalam hal ini, katanya, semua pihak seharusnya  fokus kepada alternatif penanggulangan sungai yang bermasalah, terutama Sungai Waggu yang hampir setiap musim hujan akan mengakibatkan kebanjiran di Kota Kendari.

“Saya sebagai ketua DPD ASITA Sultra tidak akan berkomentar banyak tentang perihal teknis yang ada di lapangan berkenaan masalah banjir karena sudah ada pakar dan ahlinya. Akan tetapi, bagaimana kita bisa berbuat lebih dan bagaimana pemerintah betul-betul pro rakyat dan membuat  pola pembangunannya yang memprioritaskan pada komponen yang sering terjadi seperti banjir,”  ujar Rahman.

Ia menjelaskan, seharusnya pemerintah yang mempunyai andil dalam kebijakan dan wewenang penuh sudah mempunyai strategi dalam mencegah dan menanggulangi terjadinya banjir yang terjadi hampir setiap tahunnya.

Begitu pun masyarakat, sambungnya, seharusnya sadar akan bahaya banjir dan saling bahu-membahu bersama pemerintah akan pentingnya menciptakan Kota Kendari yang bersih, rapi, aman dan nyaman.

Menciptakan hubungan yang baik antara masyarakat dan pemerintah dalam bersama-sama memikirkan dan memelihara lingkungan tentu akan mencegah dan menanggulangi bencana yang akan terjadi nantinya.

“Kami dari DPD ASITA Sultra, tidak akan ada henti-hentinya bersama pemerintah akan menciptakan Sapta Pesona sebagai benteng pertahanan agar terciptanya Kota Kendari yang sadar akan wisata dan menjadi cerminan 17 Kabupaten Kota yang ada di Sultra,” pungkasnya.  (p12/nur)

To Top