Pekan Ini, Dua Tersangka PAUD Baubau Kembali Diperiksa – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Pekan Ini, Dua Tersangka PAUD Baubau Kembali Diperiksa

KENDARI, BKK – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadwalkan pemeriksaan dua tersangka kasus dugaan korupsi Bantuan Sosial (Bansos) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Baubau.

Dua tersangka tersebut, yakni La Ira dan Laode Hairil Anwar, merupakan pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Dikbud Kota Baubau dan Dinas Pariwisata Kota Baubau.

Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat (Kasipenkumhumas) Kejati Sultra Janes Mamangkey menerangkan, Selasa (6/6), pihaknya akan melakukan pemeriksaan ulang terhadap para tersangka pekan ini.

Dua tersangka tersebut, lanjut dia, kini telah ditahan dan dititipkan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II A Kendari, karena dinilai mempersulit proses penyelidikan.

“Kita tahan, karena dua tersangka tersebut tidak mau memberikan bukti surat proposal yang mereka ajukan kepada Kementerian Pendidikan. Padahal, surat itu bisa menjadi dasar dalam pengembangan kasus ini,” jelasnya.

Apalagi, masih kata Jenes, saksi ahli dari Kementerian Pendidikan yang dibutuhkan pihaknya belum bisa memberikan keterangan meski telah beberapa kali dipanggil.

“Hingga kini, kita juga masih menunggu keterangan saksi ahli,” tambahnya.

Janes menegaskan, belum adanya bukti berupa surat proposal yang diajukan para tersangka dan keterangan saksi ahli dari Kementrian Pendidikan tidak menjadi masalah pada proses penahanan tersangka La Ira dan Laode Hairil Anwar.

Sebab, terang dia, bukti dan keterangan saksi ahli dibutuhkan pihaknya untuk pengembangan kasus dan mencari tersangka baru.

“Kita tahan dua tersangka ini karena mereka memang punya peran besar pada kasus ini, hingga merugikan keungan negara sebesar Rp 300 juta,” tukasnya. (cr5/iis)

To Top