Ma’had Aljami’ah IAIN Kendari Gelar Ramadan Corner – Berita Kota Kendari
Nuansa Ramadhan

Ma’had Aljami’ah IAIN Kendari Gelar Ramadan Corner

Salah satu kegiatan religi melalui Ramadhan Corner dan pengkajian kitab yang berpusat di Masjid Baitul Hikmah IAIN Kendari. (Foto Sumardin/BKK)

KENDARI, BKK-  Bulan puasa dimanfaatkan pengelola Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari untuk mengadakan Ramadan Corner dan pengkajian. Kegiatan religi ini dipusatkan di Masjid Baitul Hikmah IAIN Kendari.

Kegiatan ini berupa pengkajian kitab, baik kitab klasik, seperti Ar-Risalah karya Imam Syafi’I maupun kitab kontemporer seperti Kitab Haqiqatul Islam karya Syaikh Ali Jum’ah Al-Syafi’I Al’Asy’ari (Syaikh Ali Gomaa).

“Kegiatan tersebut dilaksanakan selama ramadan setiap Senin hingga Kamis dilaksanakan usai salat ashar sedangkan khusus pada hari Jum’at dilaksanakan usai salat subuh,” ujar  Pimpinan Ma’had Aljami’ah, Muh Hasdin Has saat ditemui, Selasa (6/6).

Menurut Hasdin, kegiatan ini juga berkaitan dengan semakin maraknya konten-konten yang disajikan di sosial media. Banyak informasi-informasi yang berbau mengasut, mengumbar kebencian antara umat beragama yang  tidak patut dilihat.

“Apalagi sekarang ini jika kita menyimak fenomena media sosial yang tak jarang menyajikan info-info keislaman yang tidak jelas sumbernya sehingga secara ilmiah tidak dapat dipertanggungjawabkan, yang dapat membuat bingung yang awam dalam pengetahuan keagamaan,” ujar dosen jebolan Universitas Al Azhar Cairo itu.

Oleh karena itu, tambah dia, di dalam pengajian ini disediakan sesi tanya jawab terkait amaliyah ramadhan yang akan ditanggapi langsung oleh ustadz/ustadzah pembedah kitab.

Ia menuturkan, mengisi ramadan  dengan kegiatan yang positif menjadi nilai tambah bagi santri dan santriwati ma’had aljami’ah IAIN Kendari. Terutama dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagai muslim dan muslimah yang siap menjadi panutan di tengah masyarakat

“Melalui pengajian ini, diharapkan civitas akademik IAIN Kendari, khususnya mahasiswa serta masyarakat sekitar kampus mendapatkan pencerahan serta wawasan yang mendalam tentang agama Islam terutama tentang amaliyah ramadan,” pungkasnya.

Adapun yang membawakan pengajian dalam kegiatan ramadan itu yakni H M Hasdin Has  Lc M Th I (Senin), H Danial Lc  M Th I (Selasa), Kartini  S Ag M HI (Rabu), H  Abdul Muiz  Lc M Th I (Kamis), Turmudi S Ag MM (Jum’at). (p12/nur)  

To Top