Dipantau Langsung KPU RI dan Bawaslu RI – Berita Kota Kendari
Headline

Dipantau Langsung KPU RI dan Bawaslu RI

Proses penyerahan kotak suara dari KPU Bombana kepada PPK Kecamatan Lantari Jaya, di Desa Lantari, kemarin. Foto: Ahmad Ridha/BKK

Komisioner KPU Sultra bersama Komisioner KPU Bombana melakukan salam kompak untuk tanda siap menyelenggarakan PSU

RUMBIA, BKK – Pelaksanaaan pemungutan suara ulang (PSU) di tujuh tempat pemungutan suara (TPS) dalam pilkada Bombana, Rabu (7/6) hari ini bakal dipantau langsung komisioner KPU RI dan Bawaslu RI.

Ketua KPU Bombana, Arisman mengungkapkan, rombongan KPU RI yang memantau PSU di Bombana yakni seorang komisioner, Evi Daginting dan dari Biro Hukum dan Tekhnis Penyelenggaraan Pemilu.

Dia menjelaskan kedatangan Komisioner KPU RI ini berkaitan dengan tugas supervisi dan pemantauan langsung terhadap jalannya pelaksanaan PSU tersebut.

“KPU RI datang kesini dalam rangka supervisi dan memantau langsung jalannya PSU. Disini KPU RI juga akan memastikan apakah PSU Bombana ini berjalan sesuai prosedur atau tidak,” terangnya.

Rombogan KPU-RI tiba di Bombana sekitar pukul 19.30 Wita. setelah melakukan istrahat, mereka memberikan pengarahan kepada KPU Bombana di dampingi seluruh komisioner KPU Sultra.

Selain dari KPU RI, Komisioner Bawaslu RI juga tak mau ketinggalan melakukan pemantauan. Menurut anggota Bawaslu Sultra, Munsir Salam,  anggota Bawaslu RI yang datang melakukan pemantauan yakni DR Dewi Pattalolo SH MH, didampingi Tim Bawaslu RI.

Bahkan sejak Senin (5/6) anggota rombongan Bawaslu RI sudah berada di Kendari dan langsung memberikan pengarahan dalam rapat persiapan Supervisi Pengawasan PSU Bombana di Sekretariat Bawaslu Sultra.

Tekait kesiapan KPU  Bombana dalam menyelenggarakan PSU di tujuh TPS, Arisman menyatakan, pihaknya bersama jajaran penyelenggaran di tingkat bawah sudah siap menyelenggarakannya.

“Jadi tidak ada lagi alasan bagi kami untuk tidak melaksanakan ini PSU. Semuanya sudah siap jadi apapun yang terjadi kita tetap akan laksanakan,” ungkap Arisman.

Untuk tujuh TPS yang akan menggelar PSU, yakni TPS 1 Hukaeya, TPS 2 Lantari, TPS 2 Tahiite, TPS 1 dan 2 Larete (Marampuka), TPS 1 Lemo, serta TPS 1 Lamoare.

Kesiapan penyelenggaran terlihat dengan adanya aktivitas penyelenggara di beberapa mulai dari pihak KPU itu sendiri, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) termasuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Selasa sore (6/6).

Kesiapan akan pelaksanaan PSU ini terlihat dibeberapa TPS seperti,  TPS 1 Hukaeya kecamatan Rarowatu Utara dan TPS 2 Lantari kecamatan Lantari Jaya.

Didua TPS ini, seluruh tingkatan penyelenggara telah menyiapkan segala sesuatunya mulai dari pembuatan TPS itu sendiri, termasuk pendistribusian kotak suara dan formulir C6 sebagai surat panggilan.

Kendati demikian, namun hingga sore kemarin pihak KPU mengaku jika Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) soal anggaran pelaksanaan PSU ini belum diteken oleh Pj Bupati Bombana, Hj Sitti Saleha.

Ketua KPU Bombana, Arisman membenarkan hal tersebut. Kata Arisman meski tidak ada NPHD dari Pemkab Bombana terkait proses penganggaran namun pihaknya tetap akan melaksanakan PSU tersebut.

“Tidak mungkinlah kita berhenti ditengah jalan, tahapan ini sudah hampir memasuki finis jadi pasti akan kita gelar besok (hari ini, red),” ungkap Arisman yang dikonfirmasi Berita Kota Kendari (BKK), kemarin.

Menurut Arisman, semua tahapan pelaksanaan PSU ini terus dijalankan, sehingga apapun yang terjadi tetap akan dilaksanakan.

Segala kebutuhan kelengkapan administrasi dalam penyelenggaraan PSU seperti surat suara, dan administrasi lainnya sudah siap. Sedangkan surat panggilan sudah tuntas disalurkan dan sampai ke pemilih.

Tambah Arisman, lima komisiner KPU Sultra saat ini sudah berada di Bombana dan telah menyebar dibeberapa TPS yang akan menggelar PSU.

Sebelum menyebar melakukan peninjauan pelaksanaan komisioner KPU Sultra melakukan rapat bersama KPU Bombana membahas hal-hal tekhnis penyelenggaraan PSU.

Pantauan jurnalis koran ini, aparat keamanan juga mulai dari pihak kepolisian hingga TNI juga sudah tersebar ditujuh TPS yang akan menggelar PSU ini. (r2)

To Top