8.000 Tenaga Kesehatan di Sultra Menganggur – Berita Kota Kendari
Beranda

8.000 Tenaga Kesehatan di Sultra Menganggur

Ilustrasi

KENDARI, BKK – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr H Asrum Tombili mengungkapkan, tenaga kesehatan yang menganggur sejauh ini sudah mencapai 8.000 orang.

“Kondisi ini diakibatkan suplai sangat banyak, sedangkan permintaan untuk memfasilitasi di bidang kesehatan itu terbatas, sehingga tenaga kesehatan yang menganggur itu tidak mempunyai pekerjaan sama sekali, baik rumah sakit (RS) swasta maupun RS pemerintah,” jelas Asrum, Selasa (6/6).

Menurut dia, sebenarnya Dinkes masih membutuhkan tenaga kesehatan.

“Karena kami masih sangat kekurangan tenaga kesehatan tersebut, tapi kemampuan pemerintah untuk mengaji, itu masalahnya. Pemerintah tidak mempunyai anggaran, karena anggaran pemerintah sangat sedikit,” paparnya.

”Ini semua kuncinya adalah anggaran. Jika banyak anggaran, kami akan merekrut mereka untuk dipekerjakan,” sambungnya.

Sebab itu, bber dia, tenaga kesehatan yang menganggur kebanyakan malah bekerja di toko, atau apa saja yang penting menghasilkan.

“Karena mereka tidak bisa menunggu. Saya sebagai Kadinkes tidak bisa berbuat apa-apa. Saya juga hanya bisa mengharapkan pemerintah agar punya anggaran untuk merekrut mereka,” curhatnya. (p13/iis)

To Top