UMK Bakal Helat KKA dan PPL Internasional – Berita Kota Kendari
Beranda

UMK Bakal Helat KKA dan PPL Internasional

SUMARDIN/BERITA KOTA KENDARI
Rapat pemantapan pemberangkatan KKA dan PPL internasional beberapa waktu lalu.

KENDARI, BKK- Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) terus mempersiapkan lulusan berdaya saing. Dalam hal ini, UMK terus aktif memberikan dukungan terhadap kegiatan pengembangan dan pemberdayaan proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk itu, kampus punya terobosan baru dalam mengadakan Kuliah Kerja Amaliah (KKA) dan Praktek Pembelajaran Lapangan (PPL). Kini bukan saja menyasar daerah Sultra, tetapi sudah go internasional. Tahun ini, pihaknya bekerjasama dengan IISN Islamic Intergrated Science Network Thailand. Setelah lebaran, mahasiswa akan praktek di negeri gajah putih tersebut.

Kepala Lembaga Kerjasama Nasional Internasional UMK, Dr. Muhammad Anas, M.Si., mengungkapkan, KKA dan PPL internasional ini baru digelar untuk angkatan pertama sehingga mahasiswa yang diutus masih terbatas. Angkatan pertama ini akan terdiri atas 15 mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Peserta akan bertolak ke Thailand di akhir Juni mendatang.

“Insya Allah persiapan sudah matang. Tinggal tunggu pemberangkatan setelah lebaran. Begitupun dengan peserta sudah dilakukan pembekalan jauh-jauh sebelumnya,” ucapnya, Senin (5/6).

Ia mengatakan, mahasiswa mendapat lokasi kegiatan di Songka, bagian Cina Selatan. Sedianya, mereka akan berangkat ke Thailand pada pertengahan Mei lalu, tepatnya di Krabi. Namun ada informasi dari pihak sekolah yang ada di Tailand bahwa untuk bulan Mei sampai Juni 2017 tidak terlalu aktif melakukan pembelajaran.

“Ini dikarenakan menghadapi puasa. Sekolah yang akan menjadi sasaran pelaksanaan KKA adalah sekolah mayoritas muslim, sehingga pemberangkatan direncanakan setelah lebaran,” ujarnya.

Rektor UMK, Muhammad Nur SP M Si menambahkan, selain di Thailad, pimpinan dan dosen pembimbing lapangan beserta mahasiswa akan berkunjung ke negara-negara lain, seperti di Universitas Teknologi Malaysia. Tentunya, untuk membangun kerja sama dalam bidang pembelajaran maupun riset.

“Semoga dengan KKA dan PPL di luar negeri yang akan dilakukan oleh UMK, menjadi modal awal dalam menghadapai persaingan perguruan tinggi, dalam meningkatkan kualitas SDM. Ke depannya tidak hanya mahasiswa kita yang keluar negeri tetapi mahasiswa dari luar dapat melakukan pengabdian masyarakat, bahkan dapat kuliah di UMK,” tambahnya.

Berdiri 2001 silam, UMK tergolong masih muda. Walaupun demikian, UMK akan terus berupaya dan berbenah dalam mewujudkan lulusan yang mampu bersaing secara global.

“Salah satunya point terpenting dalam pengembangan diri mahasiswa diwujudkan dengan diadakannya KKA. Hal ini untuk mendukung pemberdayaan mereka agar dapat mengembangkan pemikiran. Nantinya akan diterapkan pada masyarakat, setelah memperoleh pengalaman belajar melalui keterlibatannya dalam masyarakat secara langsung,” pungkasnya. (p12/aha)

To Top