PU Kota Kendari: Jembatan Putus Itu Bukan Milik Pemerintah tapi Punya Pengembang – Berita Kota Kendari
Beranda

PU Kota Kendari: Jembatan Putus Itu Bukan Milik Pemerintah tapi Punya Pengembang

KENDARI, BKK – Gegara banjir yang melanda Kota Kendari pada 31 Mei lalu, mengakibatkan infrastruktur jalan dan jembatan di Kendari rusak dan terputus.

Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kendari Faisal Alhabsyi saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, Senin (5/6), selain itu ada juga trotoar yang dibongkar dan drainase rusak.

“Tapi kerusakan ini tidak terlalu besar,” ungkapnya.

Untuk jalan, kata dia, yang paling banyak mengalami kerusakan merupakan jalan yang baru dibuka, sementara jalan yang sudah diaspal hanya sedikit saja.

Kasus jembatan yang putus terjadi di Graha Asri.

“Tapi jempatan yang rusak tersebut bukan milik kita melainkan milik pengembang yang belum diserahkan ke kami,” tambahnya.

Ia mengaku, pihaknya sudah melaporkan kerusakan infrastruktur tersebut kepada pemerintah pusat.

“Untuk itu kita sangat membutuhkan bantuan dana dari pemerintah pusat, untuk pembenahan semua infrastruktur yang rusak akibat banjir,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari Suhardin mengatakan, pihaknya sedang mengumpulkan data kerusakan akibat banjir.

“Yang pasti kerusakan infrastruktur yang kita alami akibat banjir kali ini sangat luar biasa sekali, khususnya drainase dan sungai-sungai,” akunya.

Suhardin mengaku, pihaknya akan mengusul ke PP, untuk perbaikan-perbaikan infrastruktur yang rusak akibat banjir tersebut.

“Jika ditaksir besaran usulan dana yang akan diarahkan ke PP mencapai miliaran rupiah, sebab berdasarkan perhitungan cepat yang kami lakukan saat ini kurang lebih sebesar Rp 75 miliar. Bahkan total kerugian sebesar Rp 75 miliar ini bisa saja bertambah,” paparnya. (cr6/iis)

To Top