Polisi: Bukan Hanya di Muna, Pungli Dana BOS Rencananya di Seluruh Daerah – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Polisi: Bukan Hanya di Muna, Pungli Dana BOS Rencananya di Seluruh Daerah

KENDARI, BKK – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengaku, belum menemukan indikasi adanya keterlibatan oknum lain dalam kasus dugaan pungutan liar (pungli) dana bantuan operasional sekolah (BOS) di Kabupaten Muna.

Kendati demikin, penyidik tidak menyerah sampai di situ. Polisi masih terus melakukan pendalaman, dengan cara memeriksa saksi-saksi yang dianggap mengetahui proses pencairan dana BOS.

“Sudah mau hampir 30 saksi yang diperiksa penyidik. Teramsuk 23 kepala sekolah yang memeberikan uang ke tersangka (Andi Husbanuddin),” terang Kepala Subbidang Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) Bidhumas Polda Sultra Komisaris Polisi (Kompol) Dolfi Kumaseh, Senin (5/6/2017).

Bukan hanya itu, beber dia, penyidik juga telah meriksa Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra Drs H Damsid MSi serta Kepala Bidang Perencanaan Dikbud Sultra Dr Ir Yulis. Keduanya, diperiksa pekan lalu.

Dolfi membeberkan, dari hasil pemeriksaan Manajer Pengelola Dana BOS Andi Husbanuddin mengaku, rencananya pungli dana BOS ini akan dilakukan bukan hanya di Muna, namun secara merata pada seluruh daerah di Sultra.

“Tapi karena duluan ditangkap saat kembali bertemu kepala sekolah di Muna, sehingga tidak menjalar ke daerah lain. Rencana ini terlihat dari sejumlah dokumen yang ditemukan penyidik,” pungkas perwira polisi dengan satu melati di pundak ini.

Diketahui, Manajer Pengelola Dana Disdikbud Provinsi Sultra Andi Husbanuddin kena operasi tangkap tangan (OTT). Dari tangan tersangka, polisi menyita uang tunai sebesar Rp 62 juta.

Tim Sapu Bersi Pungli (Saberpungli) Polda Sultra menangkap Andi Husbanuddin di kediamannya yang berada di Kelurahan Mandonga Kecamatan Mandonga Kota Kendari, Sabtu (20/5) sekira pukul 13.30 Wita.

Kala itu, tersangka baru saja pulang dari Raha Kabupaten Muna bertemu dengan 23 kepala sekolah menengah atas (SMA). Pertemuan dengan puluhan kepala SMA itu dimaksudkan untuk meminta setoran dari pencairan dana BOS. (man/iis)

To Top