ORI Cari Tahu Mengapa Sistem Kependudukan di Konut dan Buteng Bermasalah – Berita Kota Kendari
Beranda

ORI Cari Tahu Mengapa Sistem Kependudukan di Konut dan Buteng Bermasalah

Aksah

KENDARI, BKK- Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Sulawesi Tenggara (Sultra) Aksa menuntut penyelesaian masalah sistem administrasi kependudukan di Kabupaten Konawe Utara (Konut) dan Buton Tengah (Buteng).

“Ombudsam sedang melakukan review sistem administrasi kependudukan yang terjadi di Konawe Utara (Konut), Buton Tengah (Buteng), dan Kota Kendari. Masalahnya itu ada di mana?” terang Aksa, Senin (5/6).

Menurut dia, masalah ini mencuat ke permukaan berdasarkan laporan masyarakat, bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari itu tidak bisa dilayani.

“Begitu kita cek di Disdukcapil ternyata jawaban para pegawainya memang tidak ada servernya, karena sudah di nonaktifkan oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri),”katanya.

Dari situ, lanjut dia, Ombudsman menelusuri, karena memutuskan layanan server itu  akan berdampak sangat luar biasa kepada masyarakat.

“Jika itu diputuskan maka itu memutuskan pelayanan kepada masyarakat, inilah kami sangat care masalah ini berkait pelayanan publik,” ucapnya.

Ia menyambung, server di Kota Kendari sudah aktif lagi, tinggal Konut dan Buteng yang sejauh ini belum, karena adanya sistim politik pemerintah tersebut, jadi Ombudsman akan bekerja keras lagi untuk  mendorong pemda-nya agar segera diselesaikan maslah Polemik yang ada di Konut Dan Buteng.

”Agar pelayanan masayarakat bisa berfungsi lagi dengan aktifnya server di sana, jadi kami akan berusaha dalam pendekatan kepada bupatinya sehingga server tersebut bisa tersambung kembali.

Untuk itu kami akan melakukan langkah-langkah hukum sesuai kewenangannya,”pangkasnya. (p13/iis)

To Top