Harga Sayur Mayur Bikin Dompet “Hancur” – Berita Kota Kendari
Beranda

Harga Sayur Mayur Bikin Dompet “Hancur”

Ilustrasi

KENDARI, BKK – Harga sayur mayur di Kota Kendari mengalami lonjakan yang menakutkan. Biasanya seikat sayur bisa ditukar dengan Rp 2 ribu kini tidak bisa kurang dari Rp 10 ribu.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Kendari Ida Rianti membenarkan, harga sayur mayur paling tinggi naiknya ketimbang komoditas lain.

“Berdasarkan pengawasan yang kami lakukan di beberapa pasar, yaitu di Pasar Kota, Pasar Mandonga, dan Pasar Baruga,” ujarnya.

Bawang putih juga tidak kalah jauh lompatannya. Bulan sebelumnya Rp 25-30 ribu per kilo, sekarang Rp 60 ribu. Naik dua kali lipat.

“Kenaikan harga tersebut disebabkan karena pemasok sayur yakni Kabupaten Konawe mengalami gagal panen akibat hujan yang terus menerus, dan banjir yang merendam semua kebun sayur mayur,” kata Ida.

Akibatnya, lanjut dia, pengiriman ke Kota Kendari juga berkurang.

“Kami harapkan harga sayur mayur secepatnya dapat kembali normal seperti biasa. Bahkan harapan saya pekan ini sudah kembali normal,” harapnya.

Salah seorang warga Kota Kendari, Apri mengaku terkejut waktu masuk pasar dan mendapati harga sayur naik sampai lima kali lipat.

Meski mahal, ucap dia, apa boleh buat tetap harus dibeli untuk menutupi kebutuhan vitamin menghadapi musim hujan. (cr6/iis)

To Top