Nuansa Ramadhan

Bantu Ringankan Kebutuhan Ramadan Warga, Pemkot Kendari Gelar Pasar Murah

Kedua dari kiri, Kadis Disperindagkop Kota Kendari Syam Alam, Wawali Kota Kendari Musadar Mappasomba, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari Sri Yastin, saat berpose bersama penerima sembako di pasar murah. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Wali Kota Kendari, Musadar Mappasomba membuka secara simbolis, pelaksanaan pasar murah yang dihelat Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari di Kelurahan Korumba, Senin (5/6).

“Tujuan diadakannya pasar murah tersebut adalah untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat menengah ke bawah dalam rangka menghadapi bulan puasa dan lebaran,” ungkap Musadar.

Dikatakannya, kegiatan pasar murah tersebut akan berlanjut dan  dilakukan di semua Kecamatan se-Kota Kendari.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kendari, Syam Alam menuturkan, pasar murah tersebut digelar kerja sama Pemkot dan PKK Kendari bersama para distributor, termasuk badan urusan logistik (Bulog).

“Semua jenis yang disediakan di pasar murah ini harganya memang di bawah harga standar, sesuai dengan kondisi subsidi masing-masing perusahaan. Misalkan untuk komoditi gula pasir dipasaran harganya Rp 14 ribu perkilonya, sementara di pasar murah hanya Rp 12.500,” beber Syam Alam.

Kata dia, sistem distribusi pasar murah tersebut bisa menggunakan kupon. Bagi masyarakat yang tidak mendapatkan kupon, lanjutnya, bisa membeli langsung.

“Sebenarnya masyarakat yang mendapatkan kupon itu sebagai pemancing saja khususnya kalangan masyarakat tertentu,” tambahnya.

Dihari pertama, tuturnya, jumlah kupon yang disediakan sebanyak 300 kupon. Yang mana,  kupon tersebut salurkan tergantung dari jumlah warga yang berpenghasilan menengah ke bawah.

“Akan tetapi kita patut syukuri, sambutan masyarakat hari pertama pasar murah sangat baik,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam pasar murah tersebut, Pemkot Kendari melibatkan sebanyak kurang lebih 12 perusahaan distributor  yang ada di Kota Kendari. (cr6/nur)

To Top