Tanpa Mahar, NasDem Buka Penjaringan – Berita Kota Kendari
Headline

Tanpa Mahar, NasDem Buka Penjaringan

Ketua Bappilu NasDem Sultra Dr Faisal (pakai kaca mata) saat mengumumkan jadwal penjaringan balon kepala daerah untuk Pilkada 2018. (foto: Rudy/BKK)

KENDARI, BKK – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sulawesi Tenggara (Sultra) hari ini, Senin (5/6),  mulai membuka penjaringan bakal calon (Balon) kepala daerah untuk Pilkada serentak 2018.

Hal itu diungkapkan ketua tim penjaringan DPW NasDem Sultra Dr Amir Faisal, Minggu (4/6). Ia menegaskan, dalam proses penjaringan ini, partainya tidak mengenal istilah mahar atau uang pendaftaran yang dibebankan kepada calon.

“Penjaringannya itu dilakukan secara serentak baik Pilgub Sultra, Pilkada Konawe, Kolaka, dan Bau-bau. Saya tegaskan di partai kami tidak adalah istilah uang mahar sepeser pun, baik itu sejak pendaftaran sampai pemenangannya,” tegas Amir.

Dikatakannya, proses penjaringan tersebut dilakukan dengan dua tahapan yakni pengambilan formulir pendaftaran dimulai, Senin (5/6), kemudian pengembalian berkas pada 14 sampai 17 Juni mendatang untuk kemudian dilakukan verifikasi sesuai dengan mekanisme NasDem.

Ia juga menjelaskan, dalam proses penjaringan itu, Partai NasDem  selalu bersifat terbuka untuk umum, baik internal kader maupun non kader. Kemudian untuk menentukan dukungan, NasDem mengutamakan figur yang memiliki elektabilitas tertinggi berdasarkan hasil survei internal partai.

“Jadi siapa saja boleh mendaftarkan diri di Partai NasDem. Nanti akan dilihat siapa yang memiliki survei tertinggi itulah yang akan diusung. Lembaga surveinya itu adalah lembaga survei partai,” pungkasnya.

Informasi yang diperoleh jurnalis koran ini menyebutkan sejumlah figur akan mengikuti penjaringan di Partai NasDem. Salah satunya adalah Sekda Provinsi Sultra, H Lukman Abunawas.

Rencananya Lukman Abunawas akan melakukan pendaftaran di Partai NasDem sekitar pukul 09.00 Wita. (m2/nur)

To Top