670 JCH Mulai Ikut Manasik Haji – Berita Kota Kendari
Beranda

670 JCH Mulai Ikut Manasik Haji

670 jemaah calon haji (JCH) Kota Kendari mengikuti manasik haji di Masjid Agung Al Kautsar Kendari, Minggu (4/6).

KENDARI, BKK- Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kota Kendari H Sunardin SAg MPdi mengungkapkan, sebanyak 670 jemaah calon haji (JCH) mulai mengikuti manasik di masjid Agung Al Kautsar Kendari, Minggu (4/6).

Rencananya manasik ini masih akan berlangsung pada 12 Juni nanti, dan manasik terakhir pada 4 Juli mendatang.

“Manasik haji ini langsung dibiayai Kementerian Agama Sulawesi Tenggara (Sultra) yang diselenggarakan di 10 kecamatan di Kota Kendari, dan akan dibagi masing-masing kecamatan satu regu,” terang Sunardin, Minggu (4/6).

“Jadi, yang 670 orang ini akan dibagi menjadi sepuluh kelompok yang diperkirakan sekitar 65 orang,” sambungnya.

Menurut dia, JCH Kota Kendari ada yang berasal dari daerah di Sultra, misal, Kabupaten Konsel, Konawe, Konkep, dan bahkan dari Morowali Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Dengan pertimbangan, lebih dekat pengurusan administrasi haji dibandingkan di Sulsel sendiri, dan mempunyai sanak keluarga yang ada di Kota Kendari,” alas Sunardin.

Sementara, untuk pengurusan administrasi JCH, tambah dia, sejauh ini sudah mencapai 95 persen, terutama pengurusan pembuatan paspor.

“JCH yang baru berakhir biaya pelunasan tahap II pada 2 Juni lalu dan terhitung sebagai JCH lansia, baru melakukan pengurusan dan kita berharap satu minggu ke depan sudah dapat diselesaikan,” ujarnya.

“sekarang ini penyelenggaraan haji dan umrah Kota Kendari masih melakukan manifes penerbangan untuk JCH berdasarkan kelompok dan regu, sekaligus menetapkan siapa-siapa yang berada di kloter 19 dan 20,” lanjutnya.

Masih kata dia, JCH tahun ini sangat meningkat secara signifikan, di mana tahun lalu hanya 330 orang, sedangkan tahun ini 670 orang atau mengalami kenaikan  100 persen.

“Dan, berangkatnya JCH ini direncanakan pada 10 Agustus dari Kendari menuju embarkasi Makassar, dan pada 12 Agustus sudah berangkat dari embarkasi Makassar menuju Jedah, Arab Saudi. Mereka akan kembali ke Indonesia pada 22 September, dan tiba di Indonesia pada 23 September,” paparnya.
Daftar Tunggu 17 Tahun

Mengenai daftar antre, ia mengungkapkan, saat ini daftar tunggu sudah menjadi 17 tahun dan kuota menunggu kurang lebih 8 ribu orang untuk Kota Kendari dan 34 ribu orang untuk Sultra.

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Dr H Musadar Mappasomba SP MP soal ini mengatakan, dengan melihat persentase jemaah calon haji tahun ini yang semakin meningkat, Ia berharap semoga ibadah yang dilakukan nantinya dapat bernilai ibadah dan menjadi haji yang mabrur.

“Semoga karakter JCH yang berangkat nanti dapat berubah menjadi pribadi yang lebih baik, bukan hanya dirinya akan tetapi bagi lingkungan dan masyarakat,” tambah pria yang juga Wakil Wali Kota Kendari. (p12/iis)

To Top