Waspada! Hujan Masih Berpotensi Tinggi – Berita Kota Kendari
Headline

Waspada! Hujan Masih Berpotensi Tinggi

Kendari, BKK – Walaupun pada Kamis (1/6) hujan sedikit mereda dalam wilayah Kota Kendari dan sekitarnya, namun masyarakat perlu terus waspada, karena  prakiraan  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, hujan masih akan terus berpotensi akan turun.

Sesuai data prakiraan stasiun metereologi Kendari yang dimuat melalui website http://maritim.bmkg.go.id, di beberapa wilayah Sultra masih akan terjadi hujan disertai angin.

BMKG Kendari, memprakirakan seluruh wilayah Sultra mulai Kamis (1/6) hingga Jumat (2/6) hari ini akan diguyur hujan, baik hujan sedang hingga hujan lebat.

Hujan lebat akan terjadi dari perairan Menui hingga daratan Kendari, lalu laut Banda, Teluk Tolo, hingga Kepulauan Banggai.

Di wilayah itu akan bertiup angin dengan kecepatan antara 2 – 25 knot, sedangkan tinggi gelombang laut antara 2 – 3 meter.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan sedang yakni di perairan Baubau, Kepulauan Wakatobi, dan termasuk di wilayah Kabupaten Muna dan Buton.

Di perairan Wakatobi, angin bertiup dari Timur menuju Tenggara dengan kecepatan  2 – 25 knots, sedangkan gelombang laut akan terjadi antara 1.5 – 3 meter.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Maritim Kendari, Adi Istiyono, menjelaskan, pada pagi hari potensi hujan ringan ada di wilayah Sawerigadi Muna Barat, Tirawuta Kolaka Timur, Labungkari Buton Tengah, Wanggudu Konawe Utara, Unaaha Konawe, Wangiwangi Wakatobi, Raha Muna, Pasar wajo Buton, Lasusua Kolaka Utara dan Kolaka.

“Pada waktu yang sama, potensi hujan sedang ada di wilayah Langara, Wanggudu, Buranga, Rumbia, Kendari dan Andoolo,” katanya.

Selajutnya pada siang dan sore hari, katanya, potensi hujan ringan ada di wilayah Tirawuta, Labungkari, Unaaha, Wangiwangi, Rumbia, Pasar wajo, Lasusua, Kolaka, BauBau.

Kemudian yang berpotensi hujan sedang di wilayah Sawerigadi, Langara, Tiraeuta, Wanggudu, Buranga, Raha dan Kendari.

Sedangkan pada malam hari, katanya, potensi hujan ringan ada di wilayah Saweigadi, Langara, Tirawuta, Wanggudu, Buranga Unaaha, Buranga, Raha, Lasusua, Kolaka, Kendari dan Andoolo.

“Pada dini hari berpotensi hujan ringan di wilayah Sawerigadi, Tirawuta, Wanggudu, Unaaha, Wangiwangi, Raha, Lasusua, Kendari, dan Andoolo. Dan berpotensi hujan sedang di wilayah Langara dan Buranga,” katanya.

Ia menyebutkan suhu udara diperkirakan berkiaar 24-29?C, kelembaban udara yakni 75-95 persen, kemudian angin bertiup dari Timur ke Tenggara kecepatan antara 5-20 km per jam.(cr6/lex)

To Top