UHO Terindikasi Marak Dijejali Paham Radikal – Berita Kota Kendari
Beranda

UHO Terindikasi Marak Dijejali Paham Radikal


KENDARI, BKK- Universitas Halu Oleo (UHO) tercatat sebagai salah satu pergurun tinggi yang marak dimasuki paham-paham radikal.

Demikian laporan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulawesi Tenggara (Sultra) saat dialog pencegahan terorisme.

Dialog diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berkerja sama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan melibatan Lembaga Dakwah Kampus (LDK).

Ketua FKPT Sultra Drs Ryha Madi dalam acara itu mengungkapkan, atas laporan yang diterima FKPT, pihaknya mengambil langkah-langkah strategis pencegahan.

“Memang kita sudah banyak mendapatkan laporan mengenai perguruan tinggi yang telah masuk paham radikalisme di lingkungan kampusnya, dan UHO memang terindikasi, sehingga kita sengaja membuat dialog pencegahan terorisme dengan harapan memberikan pemikiran-pemikiran baru cinta Pancasila dan UUD 1945 kepada mahasiswa yang sangat rentan masuknya paham radikalisme tersebut ,” kata Ryha Madi.

Wakil Rektor III (WR III) Bidang Kemahasiswaan UHO Dr La Ode Ngkoimani MSi dalam kesempatan itu menyatakan mengapresiasi yang tinggi atas kegiatan semacam ini.

Dengan dilaksanakannya kegiatan semacam ini, kata dia, semoga dapat menjaga kondusifitas kampus, khususnya UHO.

Sementara itu, imam Masjid Istiqlal Prof Dr Nasaruddin Umar MA berpendapat, memang ada kelompok-kelompok kecil yang cenderung untuk merusak kesatuan dan persatuan bangsa.

“Sehingga kita berupaya sekuat mungkin untuk menyatukan persatuan dan kesatuan untuk dapat merangkul agama selain agama Islam, untuk dapat hidup rukun di tengah-tengah masyarakat. Dan inilah yang harus kita jaga,” ucapnya.

Nasaruddin juga mengingatkan warga Sultra agar senantiasa selalu waspada dengan semakin meningkatnya warga negara asing (WNA) yang senantiasa masuk di NKRI tanpa tujuan yang jelas, dan jangan sampai masyarakat kecolongan dengan WNA tersebut.

Acara ini dihadiri Rektor UHO yang diwakili Wakil Rektor III (WR III) Bidang Kemahasiswaan La Ode Ngkoimani, WR II Hilaluddin Hanafi MPd, imam Masjid Istiqlal Prof Dr Nasaruddin Umar MA, Mantan Teroris Ali Fauzi, Kasubdit Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dr Andi Intang Dulung MHI, Anggota DPR RI  KH Maman Imanul Haq, Guru Besar Sosiologi  Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN-Alauddin) dan Akademisi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Kendari. (p12/iis)

To Top