PDIP Konawe Target Menang – Berita Kota Kendari
Suksesi

PDIP Konawe Target Menang

UNAAHA, BKK – Proses pendaftaran dan penjaringan bakal calon (Balon) kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada Konawe sudah mulai diadakan  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Konawe, Rusdianto didampingi ketua tim penjaringan calon, Tahsan Tosepu,  menjelaskan bahwa dalam proses penjaringan ini, PDIP terbuka kepada siapa saja yang berminat menjadi calon bupati dan wakil bupati baik kader maupun non kader.

Mengenai syarat normatif administrasi pendaftaran,  katanya, berdasarkan rujukan dari KPU. Mengenai syarat tambahan dari internal partai yakni uang pendaftaran bagi calon bupati Rp 25 juta sedangkan wakil bupati Rp 15 juta.

“Kemudian menyiapkan berkas curiculum vitae yang juga telah dilampirkan berkas pendukung lainnya seperti ijaza mulai SD sampai pendidikan terakhirnya,” terang Rusdianto, Rabu (1/6).

Dikatakannya, ada rangkaian proses penjaringan sampai pada tahapan terakhir. Dimana, kata dia, ada empat tahapan yang harus dilalui balon yakni verifikasi tingkat PAC, DPC, DPD dan DPP. DPP merupakan ekseskusi terakhir dari proses penjaringan yang mengeluarkan keputusan rekomendasi.

“Rekomendasi itu bulat dan ketika keputusan itu sudah ada maka tidak ada satu pun kader yang bisa menganulir,” paparnya.

Dalam proses penjaringan  ini pula, lanjutnya,  partai ini melibatkan lembaga eksternal. Yakni lembaga survey berlisensi dan  terpecaya. Tugasnya melakukan survey terhadap bakal calon yang mendaftarkan diri ke PDIP. Hasil survey ini pula yang paling mendominasi tentang keputusan siapa figur yang diusung partai tersebut.

“Tugas DPC hanya memberikan penjelasan terkait pemetaan politik kepada DPD dan DPP. Karena DPC yang paling memahami kondisi politik daerah pemilihan dan potensi pemenangan figur,” jelasnya.

Ia mengaku, hingga saat ini kader  yang berkeinginan mengunakan partai ini dan siap maju di Pilkada Konawe yakni Sekretaris DPD PDIP Sultra, H Litanto.  Namun demikian, yang bersangkutan tetap harus mengikuti proses penjaringan hingga akhir tahapan yang ditentukan.

“Kalau Seluruh kader bersepakat siapa pun figur yang diusung oleh PDIP harus maju 01.  Dan saat ini figur yang sudah mengkomunikasikan akan maju itu baru pak H Litanto. Tapi ini semua tergantung hasil survey karena kita adalah target menang,” ungkapnya.

Kader PDIP layak maju sebagai calon bupati di Pilkada Konawe, tambah dia, jika dilihat dari persentase di kursi legislatif saat ini berada dalam posisi kedua atau berjumlah enam kursi. Ini sangat potensial, melihat syarat KPU masih butuh dua kursi saja untuk mengusung pasangan calon kepala daerah.

Sayangnya, Wakil Ketua DPRD Konawe ini masih enggan menyebutkan partai apa saja yang saat ini sudah merapat untuk berkoalisi dengan PDIP memenangkan pilkada nanti.

“Seluruh kader berkomitmen siap memenangkan figur yang diusung nanti. Asumsimnya potensi kemenangan itu ada karena pada Pilkada Konawe periode lalu figur yang diusung bisa menembus putaran kedua, padahal saat itu jumlah kursi PDIP di legislatif hanya empat kursi saja,” pungkasnya. (r4/nur)

To Top