Beranda

Kendari Jadi Langganan Banjir, Kadis PU Minta Warga Banyak Berdoa

Seorang anggota kepolisian membantu warga mengevakuasi barang karena air sudah merendam sebagian rumah.

KENDARI, BKK – Menyikapi bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Kota Kendari, Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Faisal Alhabsi menyarankan seluruh warga kota untuk banyak-banyak berdoa.

“Langkah-langkah yang mesti dilakukan agar banjir tidak terjadi lagi, yang pertama adalah berdoa. Namun ke depan kita tetap merencanakan agar sistem drainase kita harus lebih baik lagi,” kata Faisal Alhabsi, Kamis (1/6).

Pasalnya, jelas dia, kemampuan drainase yang ada saat ini sudah kurang optimal, karena daya serapnya makin hari makin berkurang atau yang dulunya cukup sekarang menjadi tidak cukup. Terlebih, tambah dia, ada pendangkalan di sungai.

“Kita mau keruk sungainya, tapi kita punya alat berat tidak bisa masuk. Itu disebabkan karena rumahnya warga sudah menempel di pinggir sungai. Inilah yang menjadi kendala kita selama ini,” paparnya.

Lepas dari itu, lanjut dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Jadi kondisi sekarang untuk penanganan darurat, saya itu di belakangnya mereka (BPBD, red),” tambahnya.

Ia juga mengatakan, kerusakan infrastruktur akibat banjir akan biarkan dulu. Menurut dia, sekarang yang terpenting itu orang-orang yang menjadi korban banjir.

“Setelah semua korban banjir sudah terurus, baru diperbaiki semua infrastruktur yang rusak,” ucapnya. (cr6/iis)

To Top