Beranda

Ini Penyebab Banjir Menurut Pemkot

Alamsyah Lotunani

KENDARI, BKK – Sekretaris Kota (Sekot) Kendari Alamsyah Lotunani mengatakan penyebab terjadinya banjir diakibatkan oleh adanya penyempitan sungai.

“Banjir ini merupakan suatu bencana yang harus kita hadapi, apa pun yang kejadiannya, dan kami sebagai pemerintah, kami akan senantiasa melindungi warga,” katanya.

Ia mengungkapkan, ke depanya ada rencana komprehensif untuk segera menyelesaikan masalah ini, dan sudah pula dirapatkan bersama para camat.

Diungkapkan, terdapat kurang lebih 13 sungai dalam kota, dan itu semua bermuara di Teluk Kendari.

”Kenapa terjadi (banjir), itu karena sungai terjadi penyempitan. Jadi ke depannya harus ada penanganan, yang tadinya sungai luas, tapi sekarang terjadi penyempitan. Jadi harus diberikan ruang untuk bisa kami luaskan, kalau tidak bisa diluaskan maka kami akan menaikan permukaannya,” kata Alamsyah, Kamis, (1/6).

“Bahkan ada sungai-sungai kecil itu ditutup, inilah yang harus diatasi, tapi butuh kerjasama antara semua pihak ke depan,” jelasnya.

Masih kata Alamsyah, kalaupun rencana untuk melebarkan sungai tersebut, kalau tidak ada kerjasama semua pihak, terutama masyarakat yang berada di bantaran sungai, tentu itu sulit diwujudkan.

“Apalagi perilaku kita suka membuang sampah di sungai, itu juga akan menghambat jalannya air, karena seluran drainase kita itu selalu tersumbat oleh sampah-sampah,” lanjutnya.

Begitupun juga terjadi longsor karena tanah atau gunungnya itu mempunyai batuan-batuan kecil yang bercampur tanah liat, sehingga apabila gunung itu dibuka permukaanya atau terjadi penggundulan pohon maka air langsung masuk ke dalam, tapi tidak meresap sampai ke tanah dalam, hanya ada dipermukaan, sehingga itu rentan terjadi longsor,” paparnya.

”Jadi saya mengimbau kepada masyarakat, gunung jangan sampai dibuka hutan di atasnya. Jadi itu yang harus kita sampaikan kepada masyarakat yang berada di kaki gunung. Dan jangan juga membuat rumah di atas kemiringan sekitar 45 derajat, karena itu sangat membahayakan, dan kita juga tidak bisa menyalahkan siapa-siapa tapi mari kita sadari apa faktor-faktor yang akan membahayakan kita, itu harus kita antisipasi sedemikian rupa,”katanya. (p13/iis)

To Top