Besaran Zakat Tahun Ini Mengalami Penurunan – Berita Kota Kendari
Beranda

Besaran Zakat Tahun Ini Mengalami Penurunan

Ilustrasi

KENDARI, BKK – Tahun lalu warga Kota Kendari ada yang membayar zakat hingga Rp 41 ribu per jiwa. Tahun ini, zakat paling tinggi Rp 32 ribu.

Penurunan besaran zakat tahun ini dijelaskan Sekretaris Kota (Sekot) Kota Kendari Alamsyah Latunani, Kamis (1/6).

Ia menerangkan, hasil rapat Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dengan Panitia Hari Raya Islam (PBHI) dan Kementerian Agama (Kemenag), merumuskan penurunan itu setelah hasil penelitian harga-harga di pasaran.

“Mungkin dikarenakan tahun ini–kalau menurut ilmu ekonomi jika harga pasar itu mengalami peningkatan karena suplainya kurang. Kita, terjadi suplai banyak, kususnya beras, sehingga tahun ini, berdasarkan hasil-hasil peninjauan harga-harga di seluruh pasar kita, setelah usulan yang diberikan oleh Badan Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari bahwa tahun ini atau dalam bulan suci Ramadan ini kita sudah putuskan begitu besarannya,” papar Alamsyah, Kamis (1/6).

Secara rinci, untuk besaran rupiah yang akan dibayar oleh kaum muslimin adalah sebagai berikut.
Untuk beras yang berkualitas terbaik yaitu Rp 32.000 per jiwa, sedangkan tahun lalu Rp 41.000.

Kategori beras kepala atau super, besaran zakatnya Rp 30.000 per jiwa, yang mana tahun lalu Rp 32.000 per jiwa.

Kemudian, bagi pengonsumsi beras Ciliwung dan beras Depot Logistik (Dolog) membayar zakat Rp 28.000 per jiwa.

Tahun lalu, Pemkot memisahkan beras Ciliwung dengan beras Dolog. Beras Ciliwung Rp 29.000 sedangkan beras Dolog Rp 27.000 per jiwa.

“Tapi sekerang, kecendungan harga sekarang hampir sama sehingga kami putuskan tadinya kami sepakati Rp 28.000 per jiwa, Insya Allah dalam waktu singkat ini, kami akan buatkan SK oleh Wali Kota Kendari,” terang Alamsyah.

“Selanjutnya, kategori masyarakat penikmat jagung, sagu, dan ubi maka besaran zakat yang mesti dibayar Rp 18.000 per jiwa, padahal tahun lalu Rp 20.000 per jiwa.

“Jadi, inilah kesepakatan kami semua,” kunci Alamsyah Lotunani. (p13/iis)

To Top