SMK Tunas Husada Kejar Akreditas B – Berita Kota Kendari
Beranda

SMK Tunas Husada Kejar Akreditas B

Usman

KENDARI, BKK- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tunas Husada Kendari terus berbenah. Kini, sekolah kesehatan swasta tersebut menarget akreditasi B pada dua jurusan yakni Farmasi dan Keperawatan.

Kepala SMK Tunas Husada Usman mengatakan, kedua jurusa itu baru saja divisitasi tim asesor Badan Akreditasi Provinsi (BNP) Sulawesi Tenggara (Sultra). Ada delapan delapan standar penilaian yang telah diupayakan untuk dipenuhi.

Mulai dari standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik, tenaga pendidik, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan.

“Pada dasarnya, kami sudah menyiapkan semua kriteria-kriteria tersebut. Persoalan memenuhi atau tidak, tim asesor yang menentukan. Yang jelas kita targetkan akreditas B,” terang Usman, Senin (29/5).

Dijelaskan, sekolah kejuruan sangat tergantung pada fasilitas praktik atau laboratorium. Jika dilihat secara fisik, kurusan keperawatan cukup memadai laboratoriumnya.

“Kalau gedung, kami sebenarnya masih menggunakan ruang kelas baru (RKB). Sekarang ini masih akreditasi C, semoga hasilnya lebih baik,” harapnya.

Usman menuturkan, SMK  punya visi berbeda dengan SMA. Dimana, pemerintah mengharapkan SMK dapat menciptakan dunia kerja setelah tamat.

“Siswa SMK Tunas Husada saat ini sekitar 170 orang. Dengan skema pembelajaran 30 teori dan 70 praktek. Kami berharap lulusan kami dapat menjawab tantangan global,” sambungnya.

Masih kata Usman, selain menciptakan lapangan kerja. Apa lagi SMK Tunas Husada sesungguhnya punya aviliasi dengan perguruan tinggi (PT) kesehatan setelah tamat.

Di antaranya, sebut dia, Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kendari, Akademi Kebidanan (Akbid) Pelita Ibu Kendari dan sekolah kesehatan lainnya.

“Sehingga setelah tamat, lulusan kami tidak lagi kesulitan untuk lanjut di PT kesehatan karena sudah punya dasar yang kuat,” tandasnya.

Di samping menyiapkan lulusan yang siap kerja, lanjut dia, SMK Tunas Husada punya pilihan untuk masuk PT kesehatan yang telah menjadi aviliasinya. Dan, tentunya lulusan SMK Tunas Husada akan menjadi prioritas.

“Semoga hasil dari visitasi ini sesuai dengan harapan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyakat serta eksistensi SMK Tunas Huasada. Dengan itu, sekolah ini menjadi pilihan bagi tamatan SMP (sekolah menengah pertama) atau sederajat, dengan mempertimbangkan akreditas,” tuntas Usman (p12/man)

To Top