SDN 3 Poasia Optimis Raih Juara – Berita Kota Kendari
Beranda

SDN 3 Poasia Optimis Raih Juara

KENDARI, BKK- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Poasia belum lama ini  mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam lomba sekolah sehat nasional.

Kini mereka tinggal menunggu pengumuman juara. Kendati demikian, SDN 3 Poasia yakin bisa meraih juara dalam lamba yang diikuti 25 provinsi di Indonesia ini.

“Pengumumannya akan dilaksanakan Juli 2017. Kami optimis bisa meraih juara,” ujar Kepala SDN 3 Poasia Starni saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/5).

Disebutkan, lomba sekolah sehat nasional memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi sekolah. Di antaranya sarana dan prasarana yang mendukung sekolah sehat seperti  fasilitas pagar sekolah, jajanan sehat yang tidak membahayakan kesehatan, menyiapkan tempat cuci tangan pada masing-masing kelas.

Kemudian, mempunyai ruang unit kesehatan sekolah (UKS) yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan  water closet (WC) dengan perbandingan 1 WC untuk 25 perempun dan 1 WC untuk 40 laki-laki.

“Dan sekolah SDN 3 Poasia ini sendiri mempunyai 20 WC dengan jumlah siswa-siswi 600 orang, sehingga memenuhi kualifikasi standar sekolah sehat,” tuturnya.

Selain itu, kata Starni, penataan fisik sekolah seperti bangunan masjid, penataan rak buku yang teratur, tidak ada genangan air yang tergenang di lingkungan sekolah, pengelolaan air bersih yang baik, pengelolaan tempat sampah yang ramah lingkungan.

“Untuk pemeliharaan fasilitas sekolah yang sudah ada SDN 3 Poasia. Sekolah  membuat tim kerja dengan mengrekrut siswa-siswi untuk membuat progrm unggulan, seperti tim kerja peduli lingkungan sekitar,” pungkas Starni. (p12/man)

To Top