Beranda

RSUD Kendari Terakreditasi Bintang Satu

Direktur RSUD Kota Kendari, Dr Hj Asridah Mukaddim M Kes. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari kini telah terakreditasi bintang satu. Ini didapatkan dikeluarkan langsung tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pada Jumat (25/5).

Ketua KARS Heri Irawan mengatakan, akreditasi RSUD Kota Kendari dilakukan pada Selasa (16/5) lalu. Hasilnya, RSUD Kota Kendari telah memenuhi indikator penialain untuk mendapatkan akreditasi standarisasi pelayanan kesehatan bintang satu.

“Syarat yang telah dipenuhi di antaranya kualifikasi pendidikan staf, pencegahan,  pengendalian infeksi, sasaran keselamatan pasien, serta hak pasien dan keluarga. Inis telah sesuai dengan standar KARS 2012,” ungkap, Seni (29/5).

Atas dasar itulah, sambung Heri, RSUD Kota Kendari dinyatakan lulus akreditasi. Dan, kkreditasi yang telah diraih RSUD Kendari, mendapatkan pengakuan secara nasional.

“Standarisasi pelayanan kesehatan di RSUD Kota Kendari tidak diragukan lagi,” katanya.

Hari menuturkan, dengan raihan akreditasi bintang satu RSUD Kota Kendari tersebut maka bertamha lagi RSUD yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang telah terakreditasi bintang satu.

Beberapa rumah sakit yang telah meraih akreditasi serupa, beber dia, yaitu Badan Layanan RSUD Benyamin Galuh Kolaka, Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Bahteramas, RS Santaana Kendari, RS dr Ismoyo Kendari, dan RSUD Konsel.

Masih kata Heri, setelah mengantongi akreditasi bintang satu, kini RSUD Kendari memiliki peluang besar untuk dapat meningkatkan statusnya naik menjadi Tipe B.

“Itu dibuktikan dengan adanya sertifikat akreditasi, sebagai salah satu syarat untuk menaikan tipe rumah sakit,” tandasnya.

Sementara, Direktur RSUD Kota Kendari dr Hj Asridah Mukaddim MKes mengatakan, sangat senang dan berterimah kasih kepada semua pihak yang turut berperan aktif, sehingga RSUD Kendari berhasil meraih akreditasi bintang satu.

“Kami akan terus mengupayakan agar prestasi yang telah kami raih saat ini bisa dipertahankan, bila perlu prestasi yang telah kita raih saat ini kita tingkatkan lagi,” bebernya. (cr6/man)

To Top