Pekan Ini DD Tahap Pertama di Konkep Dicairkan – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Pekan Ini DD Tahap Pertama di Konkep Dicairkan

LANGARA, BKK – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) bakal mencairkan Dana Desa (DD) 2017 untuk sebanyak 89 desa.

Kepala Dinas (Kadis) PMD Konkep Jamhur Umirlan SPd mengatakan, Senin (29/5), sebenarnya pencairan agak terlambat.

“Itu karena ada kesalahan penghitungan pagu anggaran oleh kementerian, sehingga transfer dari kas daerah ke kas desa sedikit terkendala. Tapi Alhamdulillah sudah tuntas. Sekarang para kepala desa sementara pengurusan administrasi untuk ditransferkan. Insya Allah minggu ini sudah tutas semuanya,” jelasnya.

Jamhur menambahkan, proses pencairan DD dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama nilainya 60 persen dan tahap kedua 40 persen.

Hanya saja, papar dia, syarat pencairan harus dipenuhi, misal, laporan pertanggungjawaban (LPj) 2016 dan dokumen perencanaan 2017.

“Kalau belum selesai, kami tidak memberikan rekomendasi pencairan, karena itu syarat utama,” katanya.

Ditanya berapa besaran anggaran per desa untuk tahun ini, ia mengatakan, nilainya tidak sama, disesuaikan dengan formulasi perhitungan, antara lain jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah, dan indeks kesulitan geografis.

“Tahun ini (penerima) terbesar adalah Desa Sinaulu Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara, sebesar Rp 908.836.000 dan yang terkecil Desa Bukit Permai Kecamatan Wawonii Barat yakni Rp 733.936.000,” rincinya. (cr9/iis)

To Top