Harga Ikan di Kendari Naik 10 persen – Berita Kota Kendari
Beranda

Harga Ikan di Kendari Naik 10 persen

Agus Salim. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Harga ikan di Kendari akhir-akhir ini mengalami kenaikan sebesar 10 persen. Hal ini disebabkan, pendaratan ikan di tempat penampungan ikan (TPI) Kendari berkurang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari Agus Salim mengatakan, pihaknya telah mengadadakan tinjauan lapangan guna memastikan harga ikan yang dijual di pasar.

“Ternyata memang di bulan Ramadan harga ikan di pasaran naik. Hal ini disebabkan karena aktifitas pendaratan di TPI mengalami penurunan,” ujar Agus, Senin (29/5).

Dijelaskan, jika penurunan produksi terjadi dan permintaan banyak maka harganya naik. Apa lagi, lanjut dia, stoknya sangat terbatas.

“Berkait harga yang meningkat tentu ini tidak bisa kita pungkiri, karena beberapa nelayan kita yang pulang kampung karena Ramadan,” terangnya.

Agus menambahkan, kenaikan harga ikan ini juga disebabkan karena faktor cuaca. Sebab akhir-aklhir ini cuaca terjadi perubahan secara tiba-tiba.

“Akan tetapi kenaikan harga ikan ini tidak akan berlangsung lama, kemungkinan pekan kedua Ramadan harga ikan sudah kembali normal,” tandasnya.

Agus menyebut, berdasarkan data yang didap di lapangan, jenis ikan layang, ikan tuna, dan ikan ekor kuning memang mengalami kenaikan. Sedianya harga normalnya antara Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 35 sampai Rp 40 ribu per kg.

Salah seorang warga Kendari, Rasmi berharap, harga ikan segera turun. Pasalnya, dengan kenaikan harga yang siginifikan ini dapat menguras kantong.

“Semoga cepat kembali ke harga normal. Saat ini memang harga ikan sekarang ini sangat tinggi sekali kasian,” ujarnya. (cr6/man)

To Top