DPR RI Beberkan Penyebab Banjir di Kendari – Berita Kota Kendari
Beranda

DPR RI Beberkan Penyebab Banjir di Kendari

Foto bersama rombongan Komisi V DPR RI bersama Gubernur Sultra Nur Alam dan Wagub Sultra HM Saleh Lasat

KENDARI, BKK – Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Michael Wattimena menyarankan, agar penangan banjir di Kota Kendari melibatkan semua pemangku kepentingan.

Menurut dia, banjir yang terjadi di ibu kota Sulawesi Tenggara (Sultra) ini diakibatkan sidemintasi yang cukup banyak di Teluk Kendari.

Selain itu, tambah dia, curah hujan yang sangant tinggi akaibat berubahnya alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian, seperti perkebunan kelapa sawitt.

”Jadi itu penyebab terjadinya banjir dialami wilayah Sultra, khususnya di sekitaran Kota Kendari,” ujar Michael saat ditemui usai rapat kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI di Kota Kendari, Senin (29/5).

Sehingga demikian, memudahkan terjadinya banjir. Karena tidak ada lagi serapan dari air itu sendiri.

“Beberapa faktor itu yang harus disikapi, tidak saja tunggal sektoral. Tetapi harus melibatkan teman-teman pemangku kepentingan yang lainnya,” saran Michael.

Dia menjelaskan, sebagai sungai besar, wanggu dengan dialiri sungai-sungai lainnya tidak mampu menampung debit air yang banya. Sehingga menimbulkan banjir yang cukup besar.

“Kami dari Komisi V DPR RI, hadir di sini untuk melihat sejauh mana problematika apa yang dihadapi, dan apa yang menjadi bagian tanggung jawab kami. Karena daerah aliran sungai (DAS) yang dalam wilayah menjadi tanggungan APBN (anggaran pendapatan dan belanja negara,” terangnya.

Lebih lanjut Michael menyarankan, ke depannya bukan saja normalisasi sungai tapi yang harus dilakukan penanganan sedimentasi yang terjadi di Teluk Kendari. (p13/man)

To Top