Dikmudora Kota Kendari Genjot Sekolah Panutan – Berita Kota Kendari
Beranda

Dikmudora Kota Kendari Genjot Sekolah Panutan

KENDARI, BKK- Sekolah rujukan merupakan salah satu program yang senantiasa digenjot Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari yang dinilai   bisa mempercerpat peningkatan mutu pendidikan.

Sekolah rujukan dikategorikan telah mampu memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP). Di Kota Kendari ada dua sekolah yang ditetapkan sebagai sekolah rujukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yaitu SMPN 1 Kendari dan SDN 01 Baruga.

“Dua sekolah ini terus kita dorong untuk melakukan pengimbasan dengan maksimal. Dikarenakan keduanya mampu memenuhi delapan standar pendidikan nasional. Kalau kita mengamati, secara prestasi juga bisa bersaing secara nasional. Termasuk sudah meraih adiwiyata mandiri,” terang Kepala Dinas Dikmudora Kendari, Sartini Sarita saat ditemui,   Senin (29/5)

Selain itu, lanjut dia, ada tiga program utama Dikmudora Kendari di 2017 ini. Pertama, fokus pada Program Indonesia Pintar (PIP) agar bisa tercapai. Kedua, meningkatkan mutu relevansi daya saing dan yang terakhir penguatan tata kelola pendidikan, kepemudaan dan olahraga.

“Ketiga program ini, hasil sinkronisasi antara program kemendikbud yang diturunkan ke masing-masing dinas pendidikan. Maka dari itu, setiap satuan pendidikan sudah selaraskan program-programnya dengan ketiga program tersebut. Mereka menyusun program yang sesuai sehingga diharapkan mutu pendidikan di Kota Kendari ini merata,” ucapnya.

Sartini Sarita menambahkan, selain program tersebut, yang juga menjadi programnya tahun ini adalah pemerataan guru, utamnya guru PNS. Sebab diakuinya, di Kota kendari meski tidak kekurangan guru-guru namun terjadi penumpukan di sejumlah sekolah.

“Nah itu yang akan kita evaluasi supaya tidak terjadi lagi kekurangan guru. Terutama guru-guru PNS, dimana ada beberapa sekolah sangat kurang guru PNS-nya,” ucapnya.

Dia berharap, peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini tenaga pendidik, juga menjadi salah satu yang difokuskan. Selain pengelolaan yang baik, guru juga menjadi tolak ukur kualitas pendidikan. Mereka yang bertugas mencerdaskan anak bangsa sehingga harus memiliki kualitas yang baik pula.

“Jika tidak, maka apa jadinya generasi masa depan. Makanya seorang guru harus kreatif dan terus meningkatkan potensi dirinya. Kita juga terus berupaya untuk memperbaiki kualitas guru, melalui pelatihan dan workshop guru,” pungasnya. (P12/nur)

To Top