Dukung UMKM, Bank Indonesia Selenggarakan Bazar Kuliner Ramadhan – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Dukung UMKM, Bank Indonesia Selenggarakan Bazar Kuliner Ramadhan

Pimpinan Bank Indonesia Bapak Minot Purwahono (Foto Ria/BKK)

Kendari, BKK-  Kegiatan UMKM Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mengadakan bazaar Kuliner Ramadhan merupakan bentuk dukungan dari Bank Indonesia (BI).

Pimpinan Bank Indonesia Bapak Minot Purwahono yang diwawancarai pada saat menghadiri bazar mengatakan dengan adanya bazaar ini masyarakat atau pelaku UMKM yang biasanya jualan di trotoar yang mengganggu lau lintas dan  sebetulnya trotoar itu bukan untuk jualan, makanya kita geser sedikit kedalam Kompleks Perumahan BI, Tipulu.

“Yang kedua pengaruh cuaca, kalau bazarnya di luar dan hujan jualannya gimana, sehingga dengan adanya bazar dan sudah di fasilitasi mereka bisa nyaman menjual. Kami juga menghimbau penjual disini adalah menjual makanan sehat artinya jangan menggunakan pengawet, menggunakan bahan pewarna yang bukan pewarna makanan, jadi kami menghimbau pelaku-pelaku UMKM itu berjualan tapi dengan cara yang sehat,” ungkapnya, Sabtu (27/5)

Kegiatannya mulai 27 sampai 21  juni (3 minggu), setiap sore di mulai jam 15:30  jam 15:00 sudah mulai, teman-teman pokoknya kita uda disiapkan di sini jadi pengunjung pun lebih mudah hujanpun di sini bisa, ada tempat juga buat berbuka. Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap para pelaku UMKM. Pelaku UMKM yang ada di bazar tersebut ada 38 sekitar Tipulu, Mandonga, Anduonohu juga ada, ada beberapa dulu memenang biasa di trotoar.

“Untuk kami BI khususnya UMKM ini sangat peduli, jadi ini terkait bagaimana UMKM bisa mengakses kepada Perbankkan. Kita sudah mengeluarkan aturan Perbankkan itu harus menyalurkan kreditnya kepada UMKM, Tahun ini minimal 15 persen, tahun depan 20 persen, jadi total kredit perbankan 20 persen tahun depan harus di salurkan ke UMKM itulah bentuk kepedulian kami, termasuk juga kami banyak membantu Pembina pelaku-pelaku UMKM nanti itu banyak di daerah Kabupaten Kota kita membantu entah itu pertanian, perkebunan, kemudian pemberdayaan perempuan,” paparnya.

Contohnya seperti di Wakatobi, BI membina ibu-ibu untuk membuat kerajinan dari barang-barang yang tidak terpakai/sampah, juga membina ibu-ibu membuat snack dari jagung, coklat dari kolaka timur dari teman-teman binaan BI, jadi banyak kegiatan UMKM, karena UMKM ini dari sisi ketahanannya lumayan bagus mereka juga menyerap tenaga.

“Perlu adanya bazaar ini kan tiap tahun ya dalam rangka memeriahkan bulan Ramadhan , ibu-ibu yang belum sempat masak dan ini ada ibu-ibu yang berniat membuka usaha kuliner kita fasilitasi itu tujuannya, ini kan bagi pelaku UMKM bisa  menambah pendapatan Rumah Tangga  untuk mempermudah juga keluarga-keluarga yang nda sempat masak, bisa berbelanja di sini jadi supaya ada kemudahanlah,” tuturnya.

Menurut salah satu penjual  Nurhayati (41), yang hadir di Bazar mengatakan dengan adanya bazar yang diadakan oleh BI sangat senang dan berterimaksih kepada pihak BI yang telah membantu fasilitasi, harapannya supaya kegiatan ini ada trus tiap tahun meskipun pimpian BI ganti trus tetapi tetap diadakannya bazar ini.

“jadi bagus adanya bazar ini, tahun lalu saya menjual dibahu jalan mengganggu lalu lintas, debu juga susah dihindari, pembeli jarang membeli karena sudah tidak bersih , tapi karena sudah disediakan tempat agak jauh dari bahu jalan saya sangat senang,” tuturnya.(p14)

To Top