Headline

Akses Jalan Butur – Buton Terputus

Darso/BKK
Akse jalan jalur Butur-Buton tepatnnya di Desa Lahumoko Kecamatan Kambowa, putus dihantam banjir

BURANGA, BKK – Tingginya curah hujan yang melanda Kabupaten Buton Utara (Butur) dua hari terakhir ini, menyebabkan air meluap dan merendam ratusan rumah warga yang bermukim di Kecamatan Kambowa, Bonegunu,  Kulisusu Barat, dan Kulisusu Utara,  Minggu (28/5).  Ketinggian air mencapai 1-2 meter.

Tak hanya itu, derasnya hujan yang melanda  menyebabkan ruas jalan  yang menghubungkan Butur -Buton, tepatnya terletak di Kecamatan Kambowa putus. Jalan tersebut dihantam derasnnya bajir hingga putus total.

Dengan terputusnya jalur ini maka akses jalan dari Kendari tujuan Kota Baubau dan Buton melalui pelabuhan Veri Amolengu – Labuan juga bakal terputus. Karena jalur transportasi di jalur ini melewati jalur yang terputus tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiagaan Bencana Badan Penanggulangam Bencana Daerah (BPBD) Butur,  La Ode Husima ketika dikonfirmasi, Minggu (28/5) mengatakan , sebanyak delapan  desa yang terletak  di Kecamatan Kambowa, Bonegunu,  Kulisusu Barat, dan Kulisusu Utara  terendam banjir. Ketinggian air mencapai 2  meter terjadi di Desa Lambale.

La Ode Husima menambahkan, tim penyelamat dari BPBD Butur telah melakukan   evakuasi  korban banjir.  “Hingga kini belum ada korban jiwa. Hanya kerugian materil yang belum bisa diprediksi berapa jumlahnya.  Kurang lebih sebanyak 200 rumah warga  di empat kecamatan tersebut terendam banjir. Ketinggian air mencapai 1-2 meter,” ungkapnya.

Tingginya  curah hujan dua  hari terakhir mengguyur  Butur, jelas Husima menjadi penyebab utama meluapnya air  dan  merembes masuk  kepemukiman warga.

Oleh karena itu, Husima menghimbau, agar masyarakat Butur tetap waspada. Sebab, potensi hujan deras menyebabkan banjir susulan masih bisa terjadi dan kini Butur darurat banjir.

“Curah hujan di Butur masih tinggi. Masyarakat Butur harus tetap waspada. Terutama, rumah yang terletak di dataran rendah, ” imbauhnya.

Sementara itu, Warga Kecamatan Kambowa, Amiruddin membeberkan, ruas jalan di desa Lahumoko yang menghubungkan Butur dengan Kabupaten Buton putus menyebabkan aktivitas kendaraan roda dua dan empat lumpuh total.

“Tak ada satu mobil yang bisa melintas,” ucapnya.

Dikatakannyan, puluhan rumah di Kecamatan Kambowa tak jauh dari kediamannya terendam banjir. Namun, yang paling banyak  rumah yang terendam banjir di desa Bubu karena dataran rendah,” bebernya.

Berikut 8 Desa Terendam Banjir di Butur
-Desa Bubu
-Desa Ronta
-Desa Rante Gola
– Desa Kotawo
– Desa Lambale
– Desa Lapandewa
– Desa Petetea
– Desa Lahumoko
(cr10/lex)

To Top