Polres Buton Musnakan Ratusan Liter Miras – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Polres Buton Musnakan Ratusan Liter Miras

PASARWAJO, BKK- Sebanyak 750 liter minuman keras tradisional jenis arak dan 540 botol minuman pabrikan hasil sitaan Kepolisian Resor (Polres) Buton telah dimusnahkan, Jumat (26/5).

Pemusnaan tersebut dilaksanakan di pelataran Mapolres Buton dengan cara dikubur dalam anah yang telah digali sedalam 5 meter menggunakan alat berat.

Pemusnahan yang digelar sekitar pukul 10.00 wita itu, dihadiri muspida dua kabupaten yakni Buton dan Buton Selatan (Busel).

Kapolres Buton Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Andi Herman SIK mengatakan,  pemusnahaan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan ditiap tahunnya, tujuan adalah untuk meminimalisasi terjadinya hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) akibat pengaruh alkohol.

“Minuman ini dapat menghilangkan akal sehat kita.  Kita tidak bisa pungkiri bahwa pengaruh alkohol ini sangat berdampak buruk. Banyak tindakan kriminal yang pemicunya tidak lain adalah minuman beralkohol,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Buton La Bakri mengapresiasi jajaran Polres Buton, Menurut dia, pengelolaan miras secara berlebihan di wilayahnya telah cukup meresahkan warganya.

“Ini sangat penting, efek minuman keras ini sudah cukup meresahkan warga kita, saya harap pihak kepolisian tidak bosan-bosan untuk terus melakukan pemusnahan ini, sehingga gangguan ketentraman warga Buton dapat berkurang,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan juga Bupati Buton Selatan Agus Faisal Hidayat. Selain harus dilakukan secara rutin, kata dia, pengelolaan miras berlebihan ini perlu ditanggulangi secara bersama-sama.

“Kita perlu bahu-membahu dan saling membantu menanggulangi penyalahgunaan miras ini, jangan biarkan masyarakat kita diracuni oleh miras, olehnya itu saya harap polisi, pemerintah setempat dan juga masyarakat untuk turut bekerja sama menimalisasi penggunaan miras secara berlebihan sehingga tidak menjadi penyakit di masyarakat,” tutupnya. (k1/iis)

To Top