Perputaran Uang Selama Ramadan Capai Rp 2 Triliun – Berita Kota Kendari
Beranda

Perputaran Uang Selama Ramadan Capai Rp 2 Triliun

Minot Purwahono.

KENDARI, BKK- Memasuki Ramadan dan jelang Idulfitri, kebutuhan masyarakat terhadap uang rupiah diproyeksikan meningkat sebesar 25 persen dibanding tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 1,75 triliun.

Demikian Minot Purwahono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Tenggara.

“BI memastikan kebutuhan tersebut akan dipenuhi dengan baik, dengan menyediakan uang sebanyak Rp 2 triliun, guna memenuhi kebutuhan uang layak edar (ULE) masyarakat bertransaksi di bulan Ramadan,” terangnya.

Ia menuturkan, BI membuka layanan penukaran uang melalui loket penukaran di Kantor BI setiap Selasa dan Kamis pukul 09.00 – 11.30 Wita.

Dua lokasi penukaran yaitu di pintu masuk Mal Mandonga dan Pasar Sentral Kota Kendari, pukul 09.00-12 Wita.

Selain itu, lanjut dia, guna meningkatkan layanan kepada masyarakat, BI berkerja sama dengan pihak perbankan di Kota Kendari menyelenggarakan Kas Keliling Bersama Ramadan, yang diselenggarakan setiap Senin dan Rabu selama Ramadan, terhitung sejak 5 Juni dan berakhir pada 21 Juni.

Masih kata Minot Purwahono, untuk masyarakat di luar Kota Kendari, BI akan melakukan layanan kas keliling luar kota pada minggu ke-2 dan minggu ke-3 Ramadan di tiga kabupaten, yaitu Konawe (Unaaha), Konawe Selatan (Tinanggea), dan Konawe Kepulauan (Wawonii).

“Untuk mengoptimalkan distribusi uang kartal ke seluruh Sultra melalui dropping dana pada kas titipan BI di dua lokasi kas titipan, yaitu kas titipan Baubau untuk memenuhi kebutuhan uang di wilayah Baubau, Buton, Buton Utara (Butur), Buton Selatan (Busel), Buton Tengah (Buteng), Muna (Raha), dan Wakatobi.

Sedangkan kas titipan Kolaka untuk memenuhi kebutuhan uang di wilayah Kolaka, Kolaka Utara (Kolut), dan Kolaka Timur (Koltim). (p12-p14/iis)

To Top