Pemkab Konut Tunda Raperda Kesehatan Ternak – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Pemkab Konut Tunda Raperda Kesehatan Ternak

VELY/BKK
Tasman Tabara SH

WANGGUDU, BKK-  Pemerintah Kabupaten Konawe Utara mengajukan tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) kepada DPRD setempat untuk dibahas bersama. Mulanya, ada delapan Raperda yang akan digodok, namun belakangan satu Raperda tidak jadi diajukan.

Tujuh Raperda ini diterima langsung oleh Sekretaris DPRD, Sairham SPd MSi di Ruang Kerjanya, Rabu (24/5). Usai menerima, Sairham mengaku belum bisa menentukan jadwal pembahasan. Pihaknya terlebih dahulu bakal melakukan rapat Badan Musyawarah (Bamus). Untuk selanjutnya dibahas oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD).

“Nanti Bamus yang agendakan penjadwalan. Mudah-mudahan bisa dalam bulan ramadhan ini. Kegiatan dewan juga sekarang masih longgar,” ungkap Sairham.

Kepala Bagian Hukum, Tasman Tabara SH melalui Kasubag Perundang-undangan, Harianto SH mengatakan, setelah melalui kajian, satu buah Raperda terpaksa ditunda, yakni Raperda tentang Penyelenggaraan Kesehatan Hewan Ternak . “Cuma tujuh yang kita ajukan untuk dibahas. Satu Raperda kita pending karena setelah dikaji di dalamnya tidak ada tujuan dan manfaat langsung,” jelas Harianto.

Dia mengatakan Raperda dari Dinas Pertanian dan Peternakan Konut ini juga menyinggung masalah pemeliharaan hewan ternak. Ini bisa tumpang tindih dengan isi Raperda tentang Penertiban Hewan Ternak.

“Kita akan pelajari kembali. Menurut saya akan lebih tajam kalau langsung disatukan dalam Raperda penertiban ternak saja. Makanya saya mau konsul dulu sama dinas teknisnya,” tuturnya.

Adapun tujuh Raperda lainnya adalah Raperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan, Raperda tentang Rambu Lalu Lintas Jalan, Raperda tentang Penyelenggaraan dan Retribusi Terminal, Raperda tentang Penataan Perizinan TV berlangganan, Perubahan atas Perda no 3  tahun 2015 tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi dan Pengelolaan, dan Raperda tentang Pengelolaan Sampah.
(cr12/aha)

To Top