Oknum AKBP Polda Sultra Terjaring Razia Provos – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Oknum AKBP Polda Sultra Terjaring Razia Provos

Oknum anggota yang tidak memiliki SIM saat ditahan Provos.(FOTO:KASMAN/BKK)

KENDARI, BKK – Subbidang Provos Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan razia terhadap anggota Polri.

Razia ini dilaksanakan di Jalan Ahmad Yani Wuawua Kendari, Jumat (26/5) pagi hari.

Hasilnya, lima oknum anggota terjaring yakni satu orang perwira menengah (pamen) berpangkat ajun komisaris besar polisi (AKBP) dan empat lainnya bintara.

Ironisnya, seorang oknum anggota berpangkat AKBP itu kedapatan hanya mengantongi surat izin mengemudi (SIM) yang sudah tidak berlaku lagi. Sementara, empat lainnya memiliki pelanggaran yang bervariasi.

Mulai dari tidak membawa kartu tanda anggota (KTA) hingga tidak memiliki surat tanda nomor kendaraan (STNK), bahkan ada juga yang tidak memiliki SIM sama sekali. Sayang, identitas dari kelimanya tidak dibeberkan.

Kepala Urusan Penegakan Hukum (Kaurgakum) Subbid Provos Bidpropam Inspektur Polisi Satu (Iptu) Eko Purwanto mengatakan, razia dilakukan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkar ke-71 Tahun 2017.

“Sesuai dengan perintah pimpinan dari Mabespolri, khususnya provos untuk melaksanakan kegiatan Operasi Gaktiplin (penegakan ketertiban dan disiplin),” ujarnya saat ditemui di lokasi razia.

Eko mengungkapkan, tujuan operasi untuk menertibkan diri anggota polri dalam bekendara di jalan raya. Utamanya kelengkapan diri dan administrasi kendaraan, seperti KTA, KTP, SIM, STNK.

“Dari kegiatan pagi ini kita menjaring lima orang yaitu satu pamen AKBP dan empat bintara.Terjaring karena tidak memiliki SIM, STNK, dan KTA,” terangnya.

Lebih lanjut Eko mengatakan, untuk sanksi akan dikembalikan kepada satkernya masing-masing. Provos sebagai fungsi pembinaan disiplin anggota, hanya akan menyerahkan bukti pelanggarannya. (man/iis)

To Top