Beranda

Jam Kantor ASN Berkurang 1,5 Jam

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengurangi jam kantor 90 menit selama Ramadan 1438 H.

Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkot Kendari Ali Kibu mengatakan, pengurangan jam berkantor itu berdasarkan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor: 20 Tahun 2017 tanggal 16 Mei 2017, tentang Penetapan Jam Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk TNI Polri pada bulan Ramadan.

“Atas dasar itu maka kami menetapkan jam kerja pada Senin sampai Kamis dimulai pukul 08.00 sampai 13.00 Wita, dan waktu istirahat tidak ada perbedaan yakni dari jam 12.00 sampai 12.30 Wita,” paparnya, Jumat (26/5).

Sedangkan untuk Jumat, kata Ali Kibu, ASN mulai berkantor pada pukul 08.00 sampai pukul 15.00, jam istirahatnya pukul 11.30 sampai 12.30 Wita.

“Sebenarnya, yang berbeda hanya jam masuknya saja. Di mana sebelumnya jam masuk ASN itu pada pukul 07.30 Wita, namun karena bulan Ramadan jam masuk ASN diundur setengah jam dari jam normal, yakni pada pukul 08.00 Wita dan jam pulangnya pada pukul 15.00 Wita,” urainya.

Namun, lanjut dia, jam berkantor ASN hanya berlaku bulan Ramadan saja, setelah usai maka jam kantor ASN tetap normal seperti biasanya yakni pada Senin sampai Kamis jam masuk kantor dimulai pukul 07.30 Wita dan pulangnya pukul 16.00 Wita.

“Jika ada ASN yang tidak disiplin waktu atau datang terlambat, tidak masuk kantor, dan tidak ikut apel pagi, akan disanksi pengurangan tambahan penghasilan pegawai (TPP),” jeasnya.

Menurutnya, di bulan Ramadan sebenarnya ASN harus tetap bekerja, hanya saja waktunya atau jam kantornya saja yang berbeda.

“Kami sangat mengharapkan kepada seluruh ASN mari kita tingkatkan kinerja kita di bulan suci ini,” pesannya.

Ia menambahkan, pada bulan Ramadan apel pagi tetap dilaksanakan pukul 08.00 Wita, namun apel siang ditiadakan.

“Kami tidak mengadakan apel siang karena pertimbangan kami para ibu-ibu pasti punya kesibukan, seperti, memasak untuk berbuka puasa. Karena, kalau pulangnya pukul 16.00 Wita, tentu mereka akan terlambat memasak dan menyajikan menu berbuka untuk keluarganya,” ujarnya.

Selama ini, kata dia, Senin sampai Kamis apel siang dilaksanakan pada pukul 16.00 Wita, untuk haru Jumat itu dilakukan pada pukul 16.30 Wita. (cr6/iis)

To Top