Kuak Aktor Utama, Enam Pejabat Muna Diperiksa Lagi – Berita Kota Kendari
Headline

Kuak Aktor Utama, Enam Pejabat Muna Diperiksa Lagi

Kajari Muna, Badrut Tamam

RAHA, BKK – Usai melakukan ekpose di Kejati Sultra pekan lalu terkait kasus dugaan korupsi DAK tahun 2015 di Kabupaten Muna senilai Rp 200 miliar, Kejaksaan Negeri Muna kembali bergerak cepat.
Tim penyidik Kejari Muna telah melayangkan kembali surat panggilan kepada enam pejabat dan mantan pejabat di Pemkab Muna, Senin (22/5).

Enam pejabat tersebut yaitu mantan Kepala BLH Kabupaten yang kini menjabat sebagai Kadis Perhubungan Kabupaten Muna La Oba, mantan Kepala Kasda Kabupaten Muna Muh Idris Gafiruddin,  Kabid Bina Marga PU Muna Lasunudi ST MSi , mantan Kabid Pengairan Dinas PU Muna Ady Mulya ST, bendahara pengeluaran Dinas PU Muna tahun 2015 dan bendahara pengeluaram  BLH Kabupaten Muna tahun 2015.

“Surat panggilan terhadap enam  para pejabat dan mantan pejabat Pemkab Muna, sudah kami layangkan Senin (22/5). Mereka ini akan kami periksa kembali Selasa (22/5). Mereka kami periksa kembali terkait kasus dugaan korupsi DAK tahun 2015. Kasus ini telah kami ekpose pekan lalu di Kejati.

Pemeriksaan mereka untuk mempertajam dan melengkapi data data yang sudah kami miliki sebelumnya,” terang Kajari Muna Badrut Tamam SH MH melalui Kasi Intel La Ode Abdul Sofyan SH MH pada koran ini kemarin.

Sebelumnya Kajati Sultra Djoko Susilo SH MH mengatakan memberikan wamtu 10 hari pada Kejari Muna , untuk mempertajam penyelidikan kasus ini. Menurutnya masih ada beberapa hal lagi yang dibutuhkan agar kasus ini naik kepenyidikan.

Kemudian ada beberapa bukti yang masih  dikumpulkan penyidik kejaksaan untuk menetapkan siapa tersangka atau aktor dibalik penyelewengan dana DAK Muna dengan modus adanya permainan anggaran dengan mendeposito  uang negara ke bank . Sedangkan bunganya terindikasi dinikmati oleh oknum oknum dan pihak pihak tertentu.

Sedangkan  indkasi lainnya adanya 61 paket proyek yang menggunakan DAK tahun 2015, tidak rampung dikerjakan.

“Hanya sekitar 30 sampai 40 persen saja, sedangkan uangnya sudah cair 100 persen,” kata Kajati Sultra ini usai ekpose bersama Kejari Muna terkait kasus dugaan korupsi DAK senilai Rp 200 M di Muna pekan lalu

Sejauh ini Kejari Muna telah memeriksa belasan penjabat dan mantan penjabat di Pemkab Muna diantarnya Sekda Muna Nurdin Pamone SH, Ketua DPRD Muna Mukmin Naini S.Ag, mantan Pj Bupati Muna Drs Muh Zayat Kaimoeddin MSi, mantan Kadis DPPKAD Muna yang kini menjabat staf ahli Bupati Muna Hj Ratna Ningsih SE. MTP, mantan Ketua Bappeda Muna Ir Syahril MTp, mantan Kadis Perikanan dan Kelautam La Ode Paliawaluddin, Kadis Dinkes Muna La Ode Rkmba Sua dan Kadis PU Muna Drs La Ode Bou. ( r1/lex)

To Top