Kasus PLTU Jilid 2 Naik ke Meja Penyidikan – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Kasus PLTU Jilid 2 Naik ke Meja Penyidikan

RAHA, BKK- Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna akhirnya menaikkan status kasus dugaan korupsi pembebasan lahan proyek Pembangkit Listrik Tenaga (Uap) Lasunapa tahun 2011, dari penyelidikan kepenyidikan

Kasus ini merupakan pengembangam dari kasus PLTU jilid 1 yang telah mengantar mantan Kepala Badan pertanahan Nasional (BPN) Raha Arifin dan mantan Kades Lasunapa mendekam dijeruji besi alias narapidana.

Kata Kajari Muna Badrut Tamam SH MH melalui Kepala Seksi Intelijen (Kasintel) La Ode Abdul Sofyan SH MH mengatakan, kasus PLTU jilid 2 ini merupakan pengembangan pada kasus PLTU Lasunapa sebelumnya.

“Kasus pembebasan lahan PLTU Lasunapa ini sudah nailk kepenyidikan. Kasus ini kita sudah ekpose pekan lalu di Kejati Sultra. Ada indikasi pihak lian yang terlibat dalam kasus ini di luar terpidana Arifin dan La Ode Mbirita,” terang Sofyan sapaan akrabnya.

Ia juga mengatakan, Kejari Muna akan memanggil tim 9 pembebasan lahan bentukan Pemkab Muna waktu itu yang diketuai mantan Sekda Muna La Ora cs.

“Iya, kita akan periksa tim 9 pembebasan lahan PLTU Lasunapa. Ada indikasi pihak pihak lain yang terlibat proyek ini. Kita juga akan memeriksa pihak bank. Kalau kerugian negaranya sudah diaudit BPKP senilai Rp 2,7 miliar, sedangkan total anggaran proyek ini sebesar Rp 4, 7 M tahun 2011,” tukas Kasi Intel Kejari Muna ini. ( r1/iis)

To Top