Hari Pertama UN Susulan SMP Diikuti 14 Siswa – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Hari Pertama UN Susulan SMP Diikuti 14 Siswa

FOTO – Pelaksanaan UN susulan tingkat SMP se-Kota Kendari yang dilasanakan di SMPN 9 Kendari, Senin (22/5). Foto: Sumardin/BKK

KENDARI – Ratusan siswa yang tercatat sebagai peserta ujian tingkat SMP  se-Kota Kendari tidak mengikuti Ujian Nasional (UN) yang dimulai 2 Mei lalu. Hal ini membuat pihak Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) setempat melaksanakan ujian susulan yang dipusatkan di SMPN 9 Kendari.

Ujian susulan tersebut akan berlangsung selama dua hari yang dimulai, Senin (22/5). Menurut Ketua Panitia UN SMP  Kota Kendari, Makmur Tote, siswa yang mengikuti UN susulan tersebut adalah mereka yang berhalangan hadir saat pelaksanaan UN baru-baru ini.

“Mereka tidak mengikuti UN yang lalu dengan berbagai alasan, mulai dari sakit, izin dan tanpa pemberitahuan.  Sehingga, dilaksanakanlah ujian susulan ini,” terang Makmur Tote kemarin.

Dikatakannya, ujian susulan hari pertama diikuti 14 orang siswa. Tiga orang siswa ujian menggunakan komputer dan sisanya  melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) untuk mata pelajaran  bahasa Indonesia dan mate-matika.

“Siswa yang mengikuti ujian susulan hari pertama ini adalah mereka yang tidak  mengikuti ujian di mata pelajaran bahasa Indonesia dan mate-matika. Sedangkan di hari kedua ujianya bahasa Inggris dan IPA, jadi siswa yang akan mengikuti ujian di hari kedua itu mereka yang tidak mengikuti ujian bahasa Inggris dan IPA,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, soal yang digunakan untuk ujian susulan itu berasal dari pusat yang dirancang langsung panitia UN. Selain itu, situasi ujian susulan tersebut, sama dengan ujian utama karena juga ada pengawas ruangnya.

“Kami berharap, anak-anak menjawab dengan kemampuan yang ada. Kami pastikan  tidak ada bantuan dari pihak luar,” paparnya. (p12/nur)

To Top