2017, Seluruh Warga Baubau Sudah Punya e-KTP – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

2017, Seluruh Warga Baubau Sudah Punya e-KTP

BAUBAU, BKK- Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menargetkan tahun 2017 ini, seluruh warga Kota Baubau yang berumur di atas 17 tahun, sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronil (e-KTP). Itu merupakan target Pemkot.

Hal itu ditegaskan Kepala Disdukcapil Kota Baubau, Sahirun, Sabtu (20/5). Ia yakin target itu dapat tercapai, karena Kota Baubau sudah dapat melakukan pencetakan e-KTP.

Pasalnya selama enam bulan lebih atau sejak akhir 2016, pencetakan e-KTP terkendala karena kekosongan blanko. Pemkot pun tak bisa berbuat apa-apa lantaran blanko dikirimkan oleh pemerintah pusat.

Saat ini, Pemkot sudah kedatangan ribuan blanko dan siap dicetak. “Kita sudah dikirimkan 4.000 keping,” katanya.

Jumlah 4.000 keping itu diperuntukkan kepada warga yang sudah melakukan perekaman, dan saat ini masih memegang surat keterangan (suket), sebagai pengganti e-KTP. Dalam sehari, Disdukcapil dapat mencetak 50 hingga 70 lembar KTP-el.

“Tergantung kemampuan dari mesin cetaknya, kita juga nda bisa banyak, karena jangan sampai rusak, nanti terkendala lagi,” ungkap pria berkacamata itu.

Kata Sahirun, saat ini jumlah warga Baubau pemegang e-KTP sebanyak 106.000 lebih. Sedangkan yang belum memiliki e-KTP dari jumlah total wajib KTP masih sekitar 15 persen. Sehingga Sahirun yakin, tahun 2017 ini seluruh warga Baubau di atas 17 tahun sudah dapat memiliki KTP elektronik. (cr7/aha)

To Top