Nelayan Kolut yang Hilang Ditemukan Meninggal, Operasi Ditutup – Berita Kota Kendari
Beranda

Nelayan Kolut yang Hilang Ditemukan Meninggal, Operasi Ditutup

Ilustrasi

KENDARI, BKK – Kantor Search And Rescue (SAR) Kendari menemukan seorang nelayan di Kolaka Utara (Kolut) dalam kondisi tak bernyawa, Sabtu (20/5) sekira pukul 09.00 Wita.

Korban yang diketahui bernama Muhamadiah (48), ditemukan setelah lima hari hilang.

Kepala Kantor SAR Kendari Muslimin melalui pejabat Humasnya, Wahyudi mengungkapkan, korban ditemukan di antara perairan Wotu dan Tolala, Kolut pada titik koordinat 3 00′ 49″S – 120 56′ 58″E.

“Korban kita evakuasi ke Kecamatan Wotu Kabupaten Luwuk Timur, dan langsung diserahkan kepada pihak keluarga,” terang pria yang akrab disapa Yudi.

Ia menyebut, unsur yang terlibat dalam pencarian korban yakni Kepolisian Sektor (Polsek) Wotu, Polsek Tolala, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwuk Timur, BPBD Wotu, SAR Malili, SAR USN Kolaka, dan kapal nelayan masyarakat setempat.

“Dengan ditemukannya korban maka operasi terhadap satu orang nelayan hilang di perairan Tolala dinyatakan selesai dan ditutup,” tandasnya.

Lebi lanjut Yudi mengurai, peristiwa tersebut bermula dari SAR Kendari menerima info dari kantor SAR Makassar yang mendapat info dari Salim anggota Palang Merah Indonesia (PMI) Luwuk Timur.

Bahwa pada Selasa (16/5) sekira pukul 04.00 Wita dua orang nelayan dengan menggunakan longboat atas nama Muhamadiah dan anaknya Rafli (23) dalam perjalanan pulang melaut dari perairan Tolala Kolaka Utara.

Kala itu, Rafli tertidur di perahu. Setelah terjaga, ayahnya sudah tidak berada di atas perahu.

Pada pukul 20.30 Wita tim Rescue Pos SAR Kolaka diberangkatkan menuju tempat kejadian musibah (TKM) dengan membawa satu unit rescue car, satu unit rubber boat, dan perlengkapan pendukung lainnya.

Pada Rabu (17/5) sekira pukul 05.47 Wita tim Rescue Pos SAR Kolaka tiba di TKM. Tim langsung berkoordinasi kepada instansi terkait, lalu melakukan pencarian. (man/iis)

To Top