Disperindag Ancam Tutup Cafe Bangi Kopi – Berita Kota Kendari
Beranda

Disperindag Ancam Tutup Cafe Bangi Kopi

Salah satu jaringan Cafe Bangi Kopi

KENDARI, BKK- Pemerintah Kota Kendari tidak menoleransi pelaku usaha yang bandel dan tidak mau ikut aturan.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Kendari Ida Rianti mengatakan itu, berkait kasus Cafe Bangi Kopi yang mengabaikan teguran Disperindag.

Pasalnya, Bangi Kopi tak kunjung memperpanjang izin penjualan minuman keras (miras).

Disperindag telah melayangkan dua kali surat teguran namun belum ditanggapi pihak Bangi Kopi.

Karena itu, Disperindag mengancam akan menutup Bangi Kopi jika teguran ketiga masih juga tidak diindahkan.

“Jika teguran ketiga masih tidak diindakan maka kami akan mengambil sikap tegas. Kita bisa melakukan penyitaan barang dagangan atau penutupan tempat usaha,” tegas Ida Rianti.

Ditambahkan, pihaknya tidak akan menoleransi terhadap pelaku usaha yang bandel dan tidak mau mengikuti mekanisme serta aturan yang ada.

Langkah ini diapresiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari.

“Kita sangat mendukung itu (penutupan tempat usaha), karena bisa memberikan efek jera bagi para pelaku usaha yang tidak mau mematuhi kewajibannya,” ungkap Ketua DPRD Kota Kendari Samsuddin Rahim.

Menurut dia, penutupan tempat usaha merupakan sanksi yang sangat tepat untuk memberikan efek jera terhadap pelaku usaha.

Samsuddin mengingatkan para pelaku usaha tidak bisa seenaknya juga mencari keuntungan dengan mengabaikan kewajiban yang ada.

Apalagi, sambung dia, untuk penjualan minuman beralkohol di Kota Kendari sudah ada peraturan daerah (perda) yang mengaturnya, sehingga harus dipatuhi. (cr5/iis)

To Top