Suksesi

1 Juni, PDIP Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah

KENDARI, BKK – Mulai 1 Juni mendatang, Partai Persatuan Demokrasi Inodesia Perjuangan (PDIP) akan mulai membuka pendaftaran dan penjaringan bakal calon (Balon) kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada serentak 2018 mendatang.

Penjaringan ini sekaligus dilakukan untuk  calon legislatif (Caleg) pemilu 2019.

“Penjaringan untuk calon kepala daerah itu sampai akhir Agustus, sedangkan untuk caleg sampai Mei 2018,” terang Agus Sanaa selaku  juru bicara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu (21/5).

Dikatakannya, pendaftaran untuk calon kepala daerah di Sultra, dibuka serentak untuk pemilihan gubernur serta Pilkada Kolaka dan Bau-bau.

Setelah proses penjaringan, lanjut Agus, September mendatang DPD PDIP Sultra akan melakukan proses penyaringan dan selanjutnya Oktober dilakukan pengusulan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP untuk penentuan balon yang akan diusung di pilkada 2018 nanti.

“Untuk mekanisme pendaftaran, nanti ada format yang akan diisi balon kepala daerah,” terang Agus.

Untuk penjaringan balon kepala daerah itu sendiri, masih kata Agus, PDIP terbuka untuk semua calon.

“Kami akan menerima siapa saja yang mendaftar. Nanti kemudian partai yang menentukan siapa yang layak untuk diusung,” ungkapnya.

Sejauh ini pun, akunya, beberapa figur yang menyatakan kesiapannya untuk bertarung di pilkada nanti sudah membangun komunikasi dengan PDIP.

“Untuk calon gubernur yang sudah komunikasi dengan PDIP, di luar kader ada Lukman Abunawas, Asrun dan Imran,” bebernya.

Dalam proses penjaringan nanti, tambah Agus, PDIP juga akan menurunkan tim survei untuk mengetahui tingkat penerimaan masyarakat terhadap figur-figur balon kepala daerah yang mendaftarkan diri di partai berlambang banteng moncong putih ini.  (nur)

To Top