Satlantas Polres Kolut Tertibkan 200 Pelanggar Lalu Lintas – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Satlantas Polres Kolut Tertibkan 200 Pelanggar Lalu Lintas

Kebanyakan tidak punya SIM

LASUSUA, BKK – Operasi Patuh Anoa yang digelar Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kolaka Utara(Kolut) menertibkan sedikitnya 200 kendaran roda dua dan empat.

Dalam operasi yang digelar serentak di seluruh wilaya hukum Polda Sultra ini juga melibatkan Dinas Perhubungan.

“Pelaksanakan Operasi Patuh Anoa 2017 melibatkan semua personel Lantas Polres Kolut, dengan melibatkan instansi perhubungan, dengan tujuan untuk melaksanakan tindakan hukum kepada pelanggar lalu lintas,” kata Kepala Satlantas Polres Kolut Ajun Komisaris Polisi (AKP) Gunanto SSos.

Menurut Kasat, operasi saat ini ditekankan pada pelanggaran-pelanggaran fatal yang bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

“Pelanggaran yang fatal yakni kelengkapan kendaraan seperti kaca spion, lampu, surat-surat kendaraan. Sedangkan untuk pelanggaran lain seperti kelayakan operasi angkutan umum diserahkan penindakanya pada Dinas Perhubungan,”jelasnya.

Dalam melaksanakan kegiatan Operasi Patuh Anoa diharapakan kesadaran masyarakat dalam berkendara untuk lebih ditingkatkan dan lebih santun dalam berkendara.

“Dari 200 pelanggar lalu lintas, mayoritas pelanggaran karena tidak memiliki aksesoris kendaraan, surat izin mengemudi (SIM), dan tidak memakai helm yang paling banyak ditemukan anak remaja,” tambahnya. (cr11/iis)

To Top