Penerima Dana PKH Harus Bersabar – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Penerima Dana PKH Harus Bersabar

TIRAWUTA, BKK- Para penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang ada di Kabupaten Kolaka Timur harus bersabar. Pasalnya, proses pencairan pada 2017 ini masih menunggu petunjuk dari pihak Kementerian.

Belum cairnya bantuan PKH karena adanya aturan baru dari pihak Kementerian Sosial dalam proses pencairan. Dalam aturan baru tersebut, penerima tidak lagi menerima uang tunai di kantor pos seperti tahun-tahun sebelumnya. Melainkan akan menerimanya secara non tunai.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kolaka Timur, Syakhrifin menjelaskan, pencairan bansos non tunai itu rencananya akan melalui kartu atau buku tabungan yang diberikan kepada setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dengan kata lain, pencairan harus melalui bank yang telah ditunjuk kementerian.

“Sekarang pakai kartu semacam ATM dan pencairannya langsung di bank yang ditunjuk. Kemungkinan BRI untuk proses pencairannya. Ini langsung dari kementerian. Tapi untuk secara pastinya, masih menunggu petunjuk teknis dari pihak kementerian,” katanya.

Mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kolaka Timur ini juga menuturkan, proses pencairan dana Bansos tersebut akan mulai dari tahap pertama hingga ke dua. Sebab, sejak 2017 ini, dana ini memang belum pernah disalurkan.

“Yang pastinya. Untuk penerima PKH tahun ini mengalami peningkatan dari penerima PKH tahun sebelumnya,” katanya.

Untuk mengantisipasi kekhawatiran penerima PKH, para pendamping PKH akan diminta terus memberikan informasi terbaru terkait kapan dana itu disalurkan. “Setelah ada perubahan tata cara penyaluran, para pendamping langsung turun lapangan untuk menyampaikan kepada penerima PKH secara jelas. Ini dilakukan agar penerima PKH dapat mengetahuinya lebih jelas,” tutupnya. (cr8/aha)

To Top